JAKARTA - Tim Nasional (Timnas) Sepakbola U 23 Indonesia berada di Grup A bersama tuan rumah Vietnam, Myanmar, Filipina dan Timor Leste. Garuda Muda punya peluang lolos ke babak semifinal cabang olahraga sepakbola SEA Games 2021 Vietnam.

"Dilihat dari peta kekuatan di Grup A, Timnas Indonesia cukup berpeluang melaju ke semifinal. Dan, Vietnam pasti akan mengejar juara grup dalam upaya menghindari Thailand yang menjadi lawan berat," kata pengamat sepakbola Kesit B Handoyo di Jakarta, Kamis (5/5/2022).

Meski berpeluang ke semifinal, kata Kesit, tim asuhan pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong tidak boleh menganggap sebelah mata Timor Leste. Pasalnya, kekuatan Timor Leste mengalami peningkatan dengan menahan imbang Vietnam pada laga AFF Cup 2022 lalu. Bahkan, Timor Leste dalam uji coba dengan Malaysia bermain imbang 1-1 dan menang 1-0.

"Awas Timor Leste. Kekuatan sepakbolanya mengalami peningkatan belakangan ini. Faktanya, Mereka mampu menahan imbang Vietnam yang menjadi juara di Piala AFF 2022. Belum lagi saat uji coba melawan Malaysia meraih kemenangan," ungkapnya.
Timnas U-23 Indonesia dijadwalkan akan menghadapi Vietnam pada laga perdana babak penyisihan Grup A di Stadion Viet Tri di kota Phu Tho pada Jumat (06/05/2022) pukul 19.00 waktu setempat.

Berbicara penghuni Grup B yang diisi Thailand, Malaysia, Singapura, Kamboja dan Laos, Kesit memperkirakan ada tiga negara yang berpeluang besar melaju ke semifinal. "Selain Thailand yang menjadi juara grup, ada Malaysia dan Singapura yang berpeluang ke semifinal," jelasnya.

Menghadapi SEA Games 2021 Veitnam, Timnas U 23 Indonesia melakukan uji coba hanya dengan beberapa klub di Korea Selatan. Sementara Vietnam melakukan uji coba dengan Timnas U 20 Korea Selatan.

"Kenapa Vietnam bisa menjalani uji coba dengan Timnas U 20 Korea Selatan? Itu karena kualitasnya jauh di atas Indonesia. Dan, itu biasa dilakukan Timnas sebuah negara dengan lebih mengutamakan kualitas lawan uji cobanya," ujarnya. ***