KAMPAR – Pencarian pemancing yang hilang di Sungai Kampar, Riau di bawah Bendungan Waduk Koto Panjang membuahkan hasil. Tommy Ritonga (25) ditemukan, Rabu (4/5/2022) sore.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kampar, Agustar melalui Kepala Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops-PB), Adi Candra Lukita mengatakan, jasad korban ditemukan sekitar pukul 17.35 WIB.

"Jasad korban ditemukan dekat jaring keramba ikan milik warga di Rantau Berangin (Desa Merangin Kecamatan Kuok)," katanya kepada Tribunpekanbaru.com, Rabu petang.

Ia mengatakan, jasad dalam keadaan mengambang di air. Lokasi penemuan diperkirakan berjarak antara 4 sampai 5 kilometer dari titik tenggelam.

Pemuda yang bertempat tinggal di Kecamatan Tapung Hulu itu ditemukan di hari kedua pencarian sejak hilang, Selasa (3/5/2022) sekitar pukul 13.30 WIB lalu.

Ia hanyut lalu tenggelam saat berenang menyeberang ke tengah Sungai Kampar di bawah bendungan Waduk PLTA Koto Panjang Desa Merangin Kecamatan Kuok.

"Saat ini jenazah sudah dibawa oleh pihak keluarga ke rumah duka di Tapung Hulu menggunakan ambulans desa untuk dimakamkan," ujarnya.

Ia menyebutkan, pencarian melibatkan sejumlah pihak selain Tim Reaksi Cepat (TRC) Pusdalops-PB BPBD dan Tagana Kampar.

Pihak lain yang turut serta antara lain, Kepolisian, Basarnas, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kampar, perangkat desa dan masyarakat setempat.

Sebelumnya, Kepala Kepolisian Sektor Bangkinang Barat, Ipda Toriq Akbar menyebutkan, korban tenggelam dekat Lubang Kolam Desa Merangin.

Korban bersama tiga temannya masing-masing Putra Sembiring, Junaidi dan Ramadi datang dari Tapung hendak memancing siang itu.

Mereka tiba di kawasan Lobang Kolam, lalu memancing di pinggir sungai ke arah hilir bendungan. Tetapi tidak mendapat hasil di titik awal. Ketiga teman korban pun memutuskan pindah tempat. Ketiganya menyeberangi sungai menuju bebatuan di tengah sungai. Tommy ikut dari belakang.

Sesaat akan tiba di bebatuan, ketiga teman mendengar teriakan Tommy meminta tolong. Temannya sempat berusaha menyelamatkan. Tetapi mereka kelelahan berenang. Temannya hanya bisa pasrah melihat Tomy tenggelam di tengah sungai.

"Korban diduga tidak bisa berenang," kata Toriq.***