MEDAN-Setelah Kahiyang Ayu resmi ditabalkan menjadi boru Siregar, hal serupa juga selayaknya dilakukan pada Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebagai ayah Kahiyang.

Sebab dalam tradisi etnis Mandailing atau Tapanuli Selatan tidak mungkin dalam satu keluarga memiliki identitas berbeda.

Menurut juru bicara Keluarga Nasution, yakni Darmin Nasution, penabalan marga Siregar kepada Jokowi sudah sempat disinggung. Namun disebutkan tidak mungkin dilakukan bersamaan dengan upacara adat pada Kahiyang.

"Jadi masalahnya soal waktu. Pihak raja-raja Siregar mengatakan tidak mungkin dilakukan sekarang," kata Darmin yang juga Menko Perekonomian kepada wartawan seusai penabalan Kahiyang bermarga Siregar, di Jalan Suka Tangkas No 17, Kelurahan. Suka Maju, Medan Johor.

Penabalan marga Siregar pada Kahiyang sehubungan dengan Ibu Bobby, yakni Ade Hanifah yang bermarga Siregar. Pihak keluarga Nasution kemudian bermohon kepada raja-raja Siregar agar kepada Kahiyang diberikan marga Siregar, mengambil marga ibu mertuanya.

"Tadi upacara adat penabalan marga pada Kahiyang berjalan lancar. Semoga pemberian marga Siregar pada Kahiyang menjadi berkah dan semangat baru baginya," kata Darmin.

Ditetapkannya Kahiyang menjadi marga Siregar, tegas Darmin, akan membuat dia paham akan posisinya sebagai apa dan harus bersikap seperti apa dalam pertemuan-pertemuan dengan keluarga dari pihak Bobby.