PEKANBARU - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyerahkan bantuan alat pemadam kebakaran (APK) canggih senilai Rp24 miliar kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Penyerahan APK yang berupa sepuluh item ini diberikan oleh Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB, Harmensyah, pada Jumat (2/11/19) di Kantor BPBD Riau. Hadir juga dalam penyerahan itu, Gubernur Riau H Syamsuar dan Kepala BPBD Riau Edwar Sanger.

Harmensyah mengatakan, bahwa pompa alat pemadam Karhutla yang diserahkan ini merupakan alat yang paling canggih. "Dan ini yang pertama kalinya kami serahkan untuk daerah," tegas Harmensyah.

Pompa APK ini, kata Harmensyah, juga memiliki jangkauan jelajah titik pemadaman hingga sepuluh kilometer dengan kekuatan air yang disemprotkan pun sangat kuat. Sehingga cocok untuk lahan-lahan gambut karena sekaligus dapat digunakan untuk pecegahan saat terjadinya kebakaran lahan.

"Bahkan pompa ini juga mampu untuk menyedot air apabila ada banjir. Jadi alat ini memang multi fungsi," jelasnya.

Sementara itu, Gubri Syamsuar menyambut baik bantuan yang diberikan BNPB Pusat ini. Menurutnya, alat ini sangat membantu Tim Satgas Karhutla dan stake holder terkait dalam mencegah Karhutla di Riau.

"Nanti alat ini akan kami alokasikan kepada kabupaten-kabupaten yang sangat rawan Karhutla. Dan kami nanti juga akan melatih petugas pemadaman Karhutla baik di tingkat provinsi dan kabupaten/kota, agar bisa menggunakan alat canggih ini," kata Gubri. ***