PEKANBARU - Menjelang bulan suci Ramadhan, pasokan daging sapi di Kota Pekanbaru, Riau, persediaan daging sapi di kota ini dinilai mencukupi hingga sebulan ke depan. Dalam rapat yang digelar oleh Pemko Pekanbaru, bersama dengan sejumlah peternak besar di Pekanbaru, Rabu (8/3/2023) diketahui bahwa jumlah ternak sapi yang tersedia mencapai 1.700 ekor.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut, yang memimpin rapat tersebut menyatakan bahwa kebutuhan daging sapi segar selama Ramadhan dan Idul Fitri diperkirakan mencapai 7.000 kg per hari. "Persediaan yang ada dinilai akan cukup," ujarnya.

Menurut hasil rapat, harga daging sapi dalam sebulan terakhir masih berkisar antara Rp120 ribu hingga Rp140 ribu per kg dan belum mengalami kenaikan harga. Isu ketersediaan daging sapi di pasaran kerap menjadi perhatian warga ketika menjelang bulan suci Ramadhan, namun Pemko Pekanbaru mengatakan bahwa pasokan ternak dari daerah pengimpor masih lancar dan tidak ada kendala.

"Pasokan daging kita kan umumnya didatangkan dari daerah penghasil sapi seperti Lampung, Bali, Nusa Tenggara Barat, Sumatera Utara. Kendala pengiriman bisa saja menyebabkan suplai berkurang, namun, sejauh ini, kan belum ada kendala itu," tambah Ingot Ahmad Hutasuhut.

Selain itu, pemotongan hewan akan dilakukan di RPH seperti biasa. Dalam hal ini, RPH akan memeriksa kelayakan hewan ternak yang akan disembelih dan memastikan kualitas Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) bersama dengan Satgas Pangan Kota Pekanbaru.

Kabid Kerawanan Pangan Disketapang Pekanbaru, Ismail, mengatakan bahwa pihaknya juga akan memantau harga melalui operasi pasar dan memastikan kualitas Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) bersama dengan Satgas Pangan Kota Pekanbaru.

Dengan demikian, warga Kota Pekanbaru dapat merayakan Ramadhan dan Idul Fitri tanpa khawatir kekurangan pasokan daging sapi. ***