PEKANBARU - Walikota Pekanbaru Firdaus MT meminta warga untuk meningkatkan kewaspadaan, khususnya terhadap perantau dari provinsi tetangga, seperti Jambi, Sumut, Sumbar, Kepulauan Riau, dan Sumsel karena lima provinsi di sekitar Riau itu belum mencapai puncak pandemi Covid-19.

"Kewaspadaan ini dibutuhkan kendati virus corona yang kelihatannya sudah hilang namun kita tetap tidak boleh lengah di samping itu tetap menerapkan protokol kesehatan," kata dia dalam keterangannya di Pekanbaru, Selasa (9/6/2020).

Dia mengatakan, Pekanbaru merupakan daerah dengan pengendalian virus corona jenis baru itu yang terbaik nomor dua secara nasional, yang dibuktikan dengan tidak adanya kasus positif Covid-19 selama 23 hari, sedangkan penambahan kasus terjadi sekitar dua hari lalu.

Kasus tersebut, kata dia, berasal dari luar Pekanbaru, yakni Kabupaten Natuna (Kepri). Dengan adanya kasus impor itu menunjukkan kerawanan karena masih tetap ada orang dengan gejala virus corona.

''Karena itu, warga Pekanbaru harus lebih meningkatkan kewaspadaan, apalagi pertumbuhan Kota Pekanbaru dipengaruhi para perantau dari Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, Kepulauan Riau (Kepri). Lima provinsi itu masih daerah merah, bahkan beberapa di antaranya belum mencapai puncak pandemi Covid-19 dan kurvanya masih mendaki," kata Firdaus.

Pandemi Covid-19 Pekanbaru, katanya, sesuai prediksi sudah melandai akan tetapi situasi seperti itu harus tetap diwaspadai.

Ia mengatakan warga Pekanbaru tidak boleh lengah dan lalai terkait serangan virus.

Apalagi, kata dia, kini Pekanbaru masih transisi menuju tatanan normal baru yang harus tetap dikawal dan diwaspadai. ***