PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mendapatkan bantuan alat rapid test dari program CSR Perusahaan Achiko, sebanyak 1000 unit, Rabu (5/8/2020). Bantuan ini akan memaksimalkan upaya Pemko Pekanbaru untuk mendeteksi penularan virus Corona di masyarakat Kota Pekanbaru.

Bantuan tersebut diterima langsung oleh Walikota Pekanbaru Firdaus secara simbolis dari Head Operations Achiko Windiaprana Ramela, di Hotel Premier, Kota Pekanbaru. Dalam kesempatan itu, Firdaus mengungkapkan hal ini contoh pentingnya kerjasama antara pemerintah dan pihak swasta, terutama dalam pemutusan rantai penularan virus Corona.

"Dalam memutus rantai penularan virus Corona ini, kita perlu dukungan semua pihak. Alhamdulillah tadi kita mendapatkan bantuan 1000 unit alat rapid tes dari perusahaan Achiko," ujar Firdaus.

Sementara itu, Windiaprana Ramelan mengatakan kerjasama dengan Pemko tidak berhenti sampai disini. Selain penyerahan bantuan alat rapid tes, pihaknya juga memperkenalkan aplikasi teman sehat yang berfungsi untuk memantau perkembangan penularan virus Corona.

"Aplikasi ini untuk mencari orang sehat, dengan testing nantinya kita bisa membedakan mana yang sehat dan sakit. Masyarakat yang hasil pemeriksaannya dinyatakan sehat bisa kita data, data ini bisa dipergunakan nantinya untuk masyarakat bepergian dengan aman dan nyaman," paparnya.

Dengan aplikasi ini, ia menyebutkan Kota Pekanbaru menjadi pelopor penerapaan ekosistem digital dalam menghadapi pandemi virus Corona.***