SELATPANJANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti, Riau menggelar peringatan nuzululqur'an 1445 H/2024 M di Masjid Agung Darul Ulum Selatpanjang, Rabu (27/3/2024) malam.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H. Asmar melalui Sekretaris Daerah Bambang Suprianto, mengatakan peringatan turunnya Al-Qur'an tersebut memiliki makna dan hakikat yang mendalam.

"Yaitu hadirnya sebuah kesadaran spiritual tentang jati diri manusia sebagai hamba Allah, dan sekaligus sebagai khalifah-Nya di muka bumi," katanya.

Lewat momentum itu, Bambang mengajak masyarakat khususnya umat muslim untuk meningkatkan kualitas pemahaman Al-Qur'an dengan baik dan benar. Kemudian tidak kalah penting, tambahnya, harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Mari kita jadikan itu untuk mewujudkan Kabupaten Kepulauan Meranti yang baldatun thoyyibatun wa robbun ghofur,” ajak Bambang.

Dalam kesempatan itu, dia juga mengajak untuk terus menjaga persatuan dan keberagaman yang ada. Dengan begitu, adanya perbedaan di antara masyarakat menjadi kekuatan untuk membangun daerah.

"Jadikan Al-Qur'an sebagai pedoman hidup untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan di tengah keberagaman masyarakat," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, juga diisi santunan anak yatim dan tausiah agama oleh Ustaz Luqman Syarfi dari Kota Dumai. ***