TEMBILAHAN -Seekor harimau sumatera muncul di perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau. Kemunculan harimau sumater (Panthera tigris sumatrae), direkam oleh pekerja perkebunan.

Tampak pada rekaman video itu, harimau berjalan di tepi parit seakan membuntuti para pekerja yang menggunakan mobil.

Namun belakangan video yang viral teraebut diketahui direkam pada Juni 2021 lalu. Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau tak menampik kemunculan harimau sumatera di wilayah itu.

Mereka juga telah mendapatkan dua video berdurasi 14 detik dari kamera trap yang dipasang di sana. Dalam video itu tampak jelas harimau muncul tepat di depan kamera. Harimau dewasa diikuti oleh dua ekor anaknya.

Kepala Balai BKSDA Riau Suharyono memastikan harimau yang muncul itu adalah indukan dan berjenis kelamin betina.

"Harimau yang direkam pekerja itu sama persis dengan tangkapan kamera trap kita," kata Haryono, Senin (19/7/2021).

Namun video milik pekerja PT Riau Indo Agro (RIA) itu dipastikan berada di wilayah Indragiri Hilir, tepatnya di wilayah Green Belt, Desa Tanjung Simpang, Kecamatan Pelangiran. Sementara itu, video harimau dan 2 anakan yang terekam kamera BBKSDA terjadi pada April lalu.

"Diperkirakan usia anakan saat itu berusia sekitar 2 bulan. Artinya saat ini anakan harimau itu sudah berusia 5 bulan," terangnya.***