TELUKKUANTAN - Harga karet di tingkat petani di Kabupaten Kuantan Singingi pada pekan ini senilai Rp12.117 per Kg. Harga ini mengalami kenaikan sebesar Rp89 dari harga minggu lalu.

Hal itu berdasarkan hasil lelang yang dilakukan Koperasi Asosiasi Petani Karet Kuantan Singingi (Apkarkusi) pada pasar lelang komoditi agro khusus karet, Ahad (21/11/2021) malam di Telukkuantan.

"Alhamdulillah, harga kembali merangkak naik dari minggu sebelumnya, yakni Rp12.117 per Kg. Kalau minggu lalu senilai Rp12.028 per Kg," ujar Sepriadi, Ketua Koperasi Apkarkusi, Senin (22/11/2021) siang di Telukkuantan.

Dikatakan Sepriadi, pada minggu ini karet yang dilelang Apkarkusi sama dengan minggu lalu, yakni 80 ton. Karet yang dijual sudah memenuhi standar yang ditetapkan Koperasi Apkarkusi, tentunya dengan kualitas yang bagus.

"Sebelum masuk pos penimbangan, ada petugas yang akan melakukan pemeriksaan. Kemudian, saat pembeli melakukan penimbangan, kita minta untuk kembali cek. Kalau ada yang tidak sesuai standar, tidak kita jual," ujar Sepriadi memaparkan upaya Apkarkusi menjamin kualitas karet.***