BATAM - Jumlah pasien positif terinfeksi Covid-19 di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) sudah 4 orang. Pasien ke-4 kini dirawat di salah satu rumah sakit di Kota Batam.

Dari hasil tracing (penelusuran) tim Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 ( Covid-19), diketahui sedikitnya ada 131 orang yang telah kontak langsung dengan pasien ke-4 positif virus Corona di Kepri tersebut.

''Dari penelusuran sementara, ada 131 orang yang telah kontak langsung dengan pasien keempat tersebut,'' kata Wali Kota Batam HM Rudi usai konferensi pers di kantor Pemkot Batam, Jumat (20/3/2020), seperti dikutip dari Kompas.com.

Angka itu, jelas Rudi, diperoleh setelah menelusuri perjalanan pasien dari angkutan ferry yang digunakan hingga menuju ke apartemen yang ada di Batam.

Dari 131 orang ini, lima orang merupakan ABK kapal, 125 penumpang ferry dan satu orang sopir taksi yang membawa pasien menuju ke apartemen.

''Namun pasien keempat ini mengaku tidak mengetahui identitas sopir taksi tersebut, karena sopir taksinya ditemui pasien keempat di pelabuhan ferry internasional,'' jelas Rudi.

Rudi juga telah menginstruksikan kepada tim Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Batam untuk menyisir RS dimana awalnya pasien keempat ini berobat.

Perawat serta dokter di RS tersebut juga dilakukan pemantauan atau orang dalam pemantauan (ODP), termasuk orang yang telah kontak langsung dengan pasien selama di apartemen.

''Nantinya orang-orang yang telah kontak langsung dengan pasien keempat akan dikarantina di Asrama Haji Batam,'' terang Rudi.

Sebelumnya, Wali Kota Batam, HM Rudi telah mengumumkan saat ini jumlah total keseluruhan pasien yang dinyatakan positif virus corona di Kepri ada empat orang.

Bertambahnya jumlah ini setelah ada satu pasien lagi yang saat ini sedang dirawat di Rumah Sakit BP Batam dan dinyatakan positif terinfeksi virus Corona.

Pasien kedua untuk Kota Batam dan keempat untuk Prov Kepri ini berjenis kelamin laki-laki dengan usia 32 tahun. Pasien ini diduga terjangkit saat berada di Paris, Perancis.***