PEKANBARU - Mengantisipasi terjadinya hal tak diinginkan di perairan Riau saat mudik lebaran, Direktorat Polisi Air (Ditpolair) Kepolisian Daerah (Polda) Riau mengerahkan 8 unit kapal patroli untuk memantau dan pengamanan arus mudik Lebaran melalui perairan.

Direktur Polair Polda Riau, Kombes Pol Badarudin mengatakan, bahwa pengamanan menjelang lebaran dan pasca lebaran akan lebih ditingkatkan di mana pengguna transportasi air akan meningkat.

"Saya menyiapkan delapan kapal untuk patroli di wilayah perairan di mana masing-masing kapal patroli itu ada sekitar enam personil Polair, khususnya untuk mengantisipasi wilayah Selat Malaka," ujar Badarudin, Sabtu (1/6/2019).

Tidak hanya patroli di perairan, Polair Polda Riau juga menyiapkan beberapa Pos pengawasan di Kabupaten Indragiri Hilir dan Rokan Hilir.

"Ada tiga pos juga yang disiapkan. Yakni di Guntung, Kuala Gaung, dan Panipahan. Ke depan, kita juga akan buka pos di Rupat Hilir dan Pulau Kijang," jelas Badarudin.

Selanjutnya, ia memastikan kondisi di perairan aman dan tidak akan ada masalah di jalur perairan selama para pengguna dan penyedia jasa transportasi air bertindak sesuai aturan yang ada.

"Selagi mereka mematuhi aturan, seperti sebelum berangkat melihat keadaan cuaca di BMKG, mengecek kelayakan kapalnya, tidak membawa penumpang melebihi kapasitas, saya pastikan tidak akan ada masalah. Lain kalau cuaca tiba-tiba berubah drastis, makanya ikuti saja aturannya," tandas Badarudin. ***