PEKANBARU – Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) hingga kini belum membangun venue untuk cabang olahraga (Cabor) panjat tebing dan juga renang, Hal ini membuat nasib kedua cabor belum tentu dipertandingkan pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Provinsi Riau X 2022.

Sebelumnya, dua cabor tersebut telah disepakati tetap akan dipertandingkan pada Porprov Riau tahun ini melalui Rapat Kerja (Raker) KONI Riau, Juni lalu.

Wakil Sekretaris Umum KONI Riau Ihsan Fitra mengatakan, hingga kini KONI Riau masih menunggu kejelasan dari tuan rumah dan juga Panitia Besar (PB) Porprov Riau X. Untuk saat ini KONI Riau masih mengacu dari hasil Raker KONI Riau yang menetapkan 27 cabor untuk dipertandingkan pada Porprov Riau.

"Kita masih menunggu informasi dari PB, mengenai apakah cabor renang dan panjat tebing dipindah ke Pekanbaru. Tapi yang jelas, KONI Riau tetap mengacu pada Raker yang menetapkan 27 cabor," usah Ihsan Fitra, Senin (1/8/2022).

Lanjut Ihsan, keputusan apakah dua cabor itu tetap dipertandingkan atau tidak, berada di tangan PB Porprov atau dipertandingkan di luar Kabupaten Kuansing.

"Kalau memang tetap dipertandingkan, dengan alasan tetap dilaksanakan di Kuansing, tetapi venue tidak ada, maka itu diserahkan kepada PB Porprov untuk memutuskan. Membuat surat keputusan tentang pelaksanaan pertandingan," jelasnya.

Sementara untuk pelaksanaan Porprov Riau X 2022 di Kuansing, direncanakan akan dibuka pada 12 November dan penutupan pada 22 November.

Perlu diketahui, 27 cabor yang dipertandingkan itu yakni, atletik 36 nomor, balap motor 4 nomor, basket 2 nomor, bola voli indor dan voli pasir 4 nomor, bulu tangkis 7 nomor, pencak silat 19 nomor. Kemudian, panjat tebing 17 nomor, sepak bola 1 nomor, sepak takraw 8 nomor, petanque 13 nomor, panahan 15 nomor, kempo 17 nomor, muaythai 18 nomor.

Selanjutnya, renis lapangan 7 nomor, karate 17 nomor, taekwondo 20 nomor, arung jeram 12 nomor, ski air 12 nomor, tarung derajat 15 nomor, catur 18 nomor, tinju 16 nomor, tenis meja 7 nomor, biliar 10 nomor. Selain itu, menembak 10 nomor, renang 38 nomor, dayung 18 nomor dan Senam 14 nomor. ***