PEKANBARU - Citra satelit Terra dan Aqua dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menangkap 5 titik api di Provinsi Riau dengan confidence diatas 70 persen, Kamis (3/1/2019) pukul 06.00 WIB.

Hal itu dikatakan Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sukisno kepada GoRiau.com. Dimana dari lima titik api yang terpantau satelit, tiga titik berada di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), satu titik di Pelalawan, dan satu lagi di Kota Dumai.

"Kalau untuk titik panas (hotspot) di Pulau Sumatera secara menyeluruh, Riau menjafi penyumbang terbanyak ada 6 titik, diikuti Sumatera Selatan 2 titik dan terakhir Lampung 1 titik," ujarnya.

Satgas gabungan TNI, Polri, Manggala Agni, BPBD dan masyarakat, sambungnya, untuk mewaspadai angin yang mengarah dari barat menuju utara dengan kecepatan dari 9 km/jam sampai 27 km/jam.

"Selain faktor angin kencang, upaya pemadaman lahan di lapangan juga harus melihat faktor kelembapan udara mulai 50 persen sampai 98 persen. Kelembapan tinggi, bisa membuat tubuh mudah lelah karena kekurangan cairan," ungkapnya.

Masih dikatakannya, karena cuaca diprediksi cerah berawan hari ini, suhu diprediksi mulai 23 derajat celcius sampai 33 derajat celcius.

"Untuk satgas gabungan yang melakukan pemadaman diingatkan untuk selalu menjaga keselamatan dan waspada terrhadap perubahan cuaca yang bisa tiba-tiba berubah," jelasnya. ***