JAKARTA -- Orang terkaya dunia Bill Gates memutuskan bercerai dengan istrinya, Melinda. Perceraian itu terjadi setelah usia pernikahan mereka memasuki tahun ke 27.

Dikutip dari detikcom, Bill Gates maupun Melinda tidak mengungkapkan detail penyebab perceraian keduanya. Tapi dalam postingan Twitter keduanya terungkap sedikit alasannya.

''Kami terus berbagi kepercayaan pada misi itu dan akan melanjutkan pekerjaan kami bersama sebagai yayasan, tetapi kami tidak lagi percaya bahwa kami dapat tumbuh bersama sebagai pasangan dalam fase selanjutnya dalam hidup kami,'' ujar keduanya.

Pengumuman mengejutkan datang kurang dari dua minggu setelah pasangan itu muncul secara virtual di sebuah acara untuk petugas kesehatan yang memerangi pandemi.

Dilansir dari The Guardian, Melinda beberapa tahun lalu mengatakan pernikahan mereka ''sangat sulit'', dan Bill yang secara teratur bekerja 16 jam sehari merasa sulit untuk menyediakan waktu untuk keluarga.

''Percayalah, saya dapat mengingat beberapa hari yang sangat sulit dalam pernikahan kami di mana Anda berpikir, 'Bisakah saya tetap melakukan ini (pernikahan)?''' kata perempuan 56 tahun ini dalam sebuah wawancara dengan Sunday Times pada 2019 untuk menandai ulang tahun pernikahan ke-25 mereka.

Bill, yang mendirikan Microsoft pada tahun 1975, sudah menjadi miliarder ketika pasangan itu menikah pada tahun 1994. Dia bertemu Melinda ketika dia bergabung dengan perusahaan tersebut pada tahun 1987.

Melinda mengatakan bahwa Bill menghabiskan waktu berminggu-minggu memperdebatkan apakah mereka harus menikah atau tidak, dan bahkan membuat daftar pro dan kontra pernikahan di papan tulis.

''Ketika dia kesulitan membuat keputusan untuk menikah, dia sangat jelas bahwa itu bukan tentang saya, ini tentang, 'Bisakah saya mendapatkan keseimbangan yang tepat antara pekerjaan dan kehidupan keluarga?'' kata ibu tiga anak ini.***