JAYAPURA -- Sekelompok orang yang mengaku Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM) membakar pesawat jenis Twin Otter milik perusahaan MAF dengan call sign PK-MAO di Bandara Pagamba, Distrik Biandoga, Kabupaten Intan Jaya , Papua, Rabu (6/1/2021).

Dikutip dari Sindonews.com, aksi penyerangan dan pembakaran terjadi saat pesawat bersiap untuk lepas landas dari Bandara Pagamba menuju Kota Nabire, Papua.

Pesawat milik misionaris MAF yang kerap beroperasi untuk melayani masyarakat di pedalaman Papua yang dipiloti oleh Alex Lupice itu membawa 7 orang penumpang.

Awalnya pesawat ditahan oleh sekelompok orang di tengah Bandara perintis di Kampung Pagamba saat sedang bersiap untuk take off.

''Ada tujuh orang penumpang di dalam pesawat itu. Mereka semuanya termasuk pilot sudah dalam pesawat, tiba-tiba ada satu rombongan orang datang dan menahan pesawat dan memaksa pilot serta seluruh penumpang untuk turun dari pesawat dan mereka melakukan keributan serta menyerang pilot dan penumpang,'' ungkap salah seorang karyawan MAF Nabire.

Pilot kemudian keluar dari pesawat dan hendak menanyakan masalah keributan itu. Namun sekelompok orang tersebut hendak menyerang pilot dengan panah dan senjata tajam. Beruntung ada jemaat dari gereja setempat yang langsung menyelamatkan pilot dan dibawa ke gereja dekat Bandara perintis tersebut,'' ungkapnya.

Pilot bernama Alex Lupice berkebangsaan Amerika serikat tersebut lolos dari serangan kelompok orang tersebut dan berhasil di evakuasi ke kota Nabire pada Kamis (7/1/2021) melalui Wamena.

Tak hanya menyerang pilot pesawat, sekelompok orang tersebut juga melakukan pembakaran pesawat. Base Manager MAF Nabire Paul Iswanto saat dikonfirmasi enggan menjelaskan peristiwa tersebut.

Menurut Paul seluruh informasi terkait kejadian tersebut dapat ditanyakan langsung kepada pihak MAF induk di Sentani Jayapura.

''Kami sudah diminta untuk tidak menyampaikan informasi apapun ke publik. Jika membutuhkan informasi dapat melalui MAF Sentani di Jayapura,'' ungkap Paul di kantor MAF Nabire, Kamis (7/1/2021).

Namun terkait peristiwa atau kejadian dibakarnya pesawat MAF tersebut, Paul membenarkan telah terjadi peristiwa tersebut. Kondisi pilot, menurut Paul, dalam kondisi baik. Namun mengalami trauma berat atas kejadian tersebut. Saat ini Pilot Alex Lupice berkebangsan Amerika tersebut telah di terbangkan ke Jayapura untuk ditangani psikologis nya oleh tim medis dari pihak MAF Sentani.

''Ia memang benar telah terjadi kejadian itu, kondisi pilot saat ini baik. Tapi kondisi psikologisnya agak berat (trauma). Susah skali untuk berbicara karena trauma. Saat ini pilot sudah di bawa ke Sentani, kami tadi pagi sudah melaporkan kejadian ini ke Polres Nabire, bisa langsung ditanyakan ke pihak Kepolisian,'' ungkap Paul singkat.

Sementara itu hingga saat ini, Wakapolres Nabire, Kompol Samuel Tatiratu mengatakan pihaknya masih menunggu laporan dari anggota yang telah diturunkan untuk menyelidiki peristiwa tersebut.

''Baik, jadi kami belum mendapatkan informasi lengkap. Tadi saya sudah berkoordinasi dengan Kapolres Nabire. Jadi kami masih menunggu laporan resmi dari pihak intel dan reskrim yang sudah turun untuk menyelidiki peristiwa ini. Kami akan berikan informasi kepada rekan-rekan wartawan jika sudah ada informasi lengkapnya,'' kata Samuel Tatiratu di Mapolres Nabire.***