PEKANBARU - Seluruh peserta Safari Jurnalistik 2017 dalam rangka Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia (HUT PWI) ke-71 dan Hari Pers Nasional (HPN) ke-72 diminta untuk segera menyerahkan naskah Lomba Karya Tulis Jurnalistik (LKTJ). Naskah LKTJ tersebut diserahkan ke Sekretariat PWI di Gedung PWI Provinsi Riau, Jalan Arifin Achmad, Pekanbaru, paling lambat 30 April 2017.

''Tenggat waktu penyerahan naskah LKTJ tanggal 30 April 2017. Naskah LKTJ diserahkan ke Sekretariat PWI Riau, Dona atau ke Panitia LKTJ,'' kata Panitia LKTJ, Bambang Irawan Syahputra melalui rilisnya, Rabu (26/04/2017).

Bambang mengatakan, pemenang LKTJ akan diumumkan saat hari puncak HUT PWI ke-71 dan HPN ke-72 tahun 2017 tingkat Provinsi Riau di Kota Dumai. Sedangkan hadiahnya berupa uang tunai jutaan rupiah.

"Hasil karya tulis wartawan akan diumumkan saat malam puncak HUT PWI ke-71 dan HPN ke-72 yang Insya Allah akan diselenggarakan di Kota Dumai pada 7 Mei 2017 mendatang,'' sebut Bambang seraya mengatakan, naskah LKTJ yang dilombakan yakni hasil kunjungan dari peserta Safari Jurnalistik tahun 2017 ke Kota Dumai pada Sabtu (15/04/2017) lalu.

Yakni seputar potensi wisata Kota Dumai seperti hasil pengamatan, pemantauan dan wawancara dengan narasumber di lokasi yang dikunjungi antara lain di objek wisata Mangrove, Bandar Bakaudi Jalan Nelayan Laut Ujung, Kelurahan Pangkalan Sesai, Kecamatan Dumai Barat. Kemudian Pantai Puak Bersejarah di Kelurahan Teluk Makmur, Dumai Barat dan Kawasan Industri Dumai (KID),Pelintung.

''Naskah LKTJ yang dilombakan terlebih dahulu sudah diterbitkan di media masing-masing dan kemudian akan dinilai oleh dewan juri,'' sebut Bambang.

Untuk diketahui, PWI Riau pada Sabtu (15/04/2017) lalu, membawa rombongan Safari Jurnalistik tahun 2017 ke Kota Dumai. Rombongan Safari Jurnalistik 2017 ini berasal dari dari sejumlah media cetak dan elektronik serta online di Provinsi Riau.

Kegiatan Safari Jurnalistik ini bertujuan untuk memperkuat dan memberi penyadaran tentang profesionalisme kewartawanan. Disamping itu, hasil kegiatan Safari Jurnalistik tersebut juga dilombakan dalam bentuk karya tulis yang dibuat peserta dari hasil kunjungan ke kawasan mangrove, Pantai Puak Berserajah dan Kawasan Industri Dumai (KID), khusunya Perusahaan Wilmar Group Dumai-Pelintung. (rls)