PEKANBARU - Dua hari menjelang kunjungan Anies Baswedan ke Kota Pekanbaru, izin keramaian dari kepolisian belum keluar. DPW Partai NasDem Riau sudah mengajukan permohonan sejak tanggal 25 November 2022 lalu.

NasDem Riau dan 33 simpul relawan menunggu izin dari polisi sehingga kunjungan bakal calon presiden itu berjalan lancar. "Kami masih menunggu izin dari Polresta Pekanbaru. Semoga keluar agar rapat akbar terlaksana," kata Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPW Partai NasDem Riau Dedi Harianto Lubis.

Dedi mengungkapkan awalnya NasDem Riau mengajukan permohonan izin lokasi di Jl Gajahmada. Namun, disebutkan jalan tersebut akan digunakan untuk pembukaan lomba sepeda Tour de Siak. Selanjutnya, NasDem meminta izin lokasi di Jl Cut Nyak Dien, namun juga dikatakan ada agenda Pemprov Riau. Begitu juga alternatif lain di Arena Bandar Serai (Eks MTQ). "Permohonan terakhir, kami ajukan lokasi di depan Stadion Utama Riau, Jl Naga Sakti. Sampai sekarang, belum ada izin," kata Dedi.

Panitia mengkonfirmasi langsung ke Gubernur Riau Syamsuar tentang kegiatan di seluruh lokasi yang tidak mendapat izin tersebut. Menurut Dedi, gubernur justru menyatakan tidak ada kegiatan Pemprov Riau di Jl Gajahmada, Cut Nyak Dien, Arena Bandar Serai, maupun depan Stadion Utama Riau. "Gubernur bilang silakan gunakan lokasi yang diusulkan, termasuk Jl Gajahmada," kata Dedi.

Ia berharap kepolisian segera memberikan izin karena Pemprov Riau tidak mengadakan acara bersamaan dengan agenda rapat akbar Anies Baswedan. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu akan menghadiri rapat akbar di Pekanbaru tanggal 4 Desember 2022. Diperkirakan, ribuan kader NasDem, relawan, komunitas dan masyarakat hadir dalam kegiatan tersebut. Kunjungan Anies ke Riau dilaksanakan setelah agenda di Sumatera Barat tanggal 2 dan 3 Desember 2022. (kl2)