JAKARTA - Muslim Fashion Festival (Muffest) 2019 yang keempat resmi dibuka oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto di Assembly Hall, Jakarta Convention Center, Rabu (1/5/2019).

Muffest ini dilaksanakan selama tanggal 1 Mei sampai 4 Mei 2019, yang menyajikan pameran dagang ritel atau business to customer, fashion presentation, talkshow, seminar, fashion design competition serta fashion show yang menampilkan ragam gaya busana Muslim karya desainer Indonesia.

Dalam sambutannya, Airlangga menjelaskan market fashion muslim di Indonesia mencapai 200 miliar dolar dengan pertumbuhan 18 persen atau tiga kali pertumbuhan nasional.

Hal ini bisa dilihat dari jumlah penduduk Indonesia yang merupakan mayoritas muslim, yang akhirnya akan berpengaruh pada peningkatan market.

"Berdasarkan data, Indonesia merupakan salah satu yang mengembangkan fashion muslim terbaik ke dua di dunia setelah Uni Emirat Arab," kata Airlangga, saat membuka acara, Rabu (1/5/2019).

Sebagai perhelatan fashion muslim yang berkelanjutan, diharapkan dapat menjadi tolak ukur perkembangan fashion muslim Indonesia dan mengantarkan Indonesia sebagai pusat inspirasi dan belanja fashion muslim dunia.

Ketua Indonesian Fashion Chamber (IFC), Ali Kharisma, mengatakan Indonesia dapat bersaing dalam Industri fashion, karena memiliki ciri yang khas yang jelas.

"Dengan begitu fashion Indonesia pastinya dapat tumbuh dengan pesat, karena fashion muslim Indonesia memiliki varian yang beragam, " kata Ali.

Ia mengharapkan para desainer Indonesia nantinya dapat bersaing dengan brand internasional yang suda terkenal.

Selain itu, event ini didukung penuh dukungan penuh, oleh Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, SMESCO, Badan Ekonomi Kreatif, serta didukung oleh Tokopedia, Wardah, Elzatta, UBS Gold, dan Asia Pacific Rayon (APR).

Beberapa rangkaian acara pre event Muffest yang inspiratif dan interaktif pun digelar, salah satunya yang diadakan Asia Pacific Rayon (APR), berupa kompetisi untuk para desainer muda dalam menunjukkan kreativitas di bidang fashion Muslim.***