PEKANBARU - Mobil K-9 milik Bea Cukai hancur diserang orang tak dikenal (OTK) di Jalan Juanda, Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru, Riau. Penyerangan terjadi saat petugas mengejar target operasi (TO) yang diduga membawa rokok ilegal.

Insiden itu terjadi pada hari Senin (19/4/2021) malam, sekitar pukul 23.00 WIB. Pantauan GoRiau di lapangan, tampak pecahan kaca mobil berserakan di Jalan Juanda.

Mobil berwarna biru dengan lambang customs K-9 Unit, B 9470 TSC, berwarna biru yang dihancurkan oleh orang tak dikenal itu, kini terparkir di halaman Mapolresta Pekanbaru, dengan kondisi kaca depan remuk pada bagian supir dan pintu belakang supir, dan kaca pintu belakang mobil.

Seorang petugas K-9 Bea Cukai, yang tidak ingin disebutkan namanya menjelaskan, kalau mobil tersebut awalnya diminta untuk memblokir jalan di Jalan Juanda Pekanbaru. Tujuannya untuk menghentikan kendaraan yang diduga membawa rokok ilegal, yang sudah menjadi target petugas Bea Cukai.

"Mobil ini kan posisinya back up untuk menghadang TO. Sampai di lokasi kejadian, ternyata mobil ini sudah dipalang dua mobil di depan dan dua mobil dibelakang, disitulah terjadi penyerangan orang-orang itu," ujarnya kepada GoRiau.com, Selasa (20/4/2021) dini hari.

Akibat penyerangan itu, TO Bea Cukai yang diduga membawa rokok ilegal itu berhasil kabur dari kejaran petugas. "Targetnya ya lolos saat massa mendatangi lokasi kejadian. Sopir yang membawa mobil mengalami luka di bagian kepala karena terkena pecahan kaca dan sudah dibawa ke rumah sakit Ibnu Sina,'' tutupnya. ***