PEKANBARU- Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya menyebut hotspot di Provinsi Riau sangat mengkhawatirkan karena telah mengalami peningkatan hingga 93 persen.

Hal tersebut diungkapkan Menteri pada saat melakukan tinjauan langsung di wilayah Desa Langgam, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan, Selasa (13/8/2019) siang.

"Di 2019 ini memang hotspot nya meningkat 70 persen kira-kira untuk seluruh Indonesia, dibandingkan dengan periode sebelumnya tahun lalu. Tetapi khu Riau itu naiknya mencapai 93 persen, jadi memang agak tinggi," ujar Siti.

Melihat tingginya peningkatan yang terjadi, Menteri mengatakan akan segera menyelesaikan permasalahan yang terjadi saat ini.

Ads
"Kita ambil pelajarannya, kita harus segera, tidak ada tunda-tunda lagi. Kita harus mengambil langkah yang lebih ketat lagi," lanjutnya.

Lebih lanjut Ia mengatakan akan mengerahkan Tim Gakum untuk melihat kondisi dilokasi dan melakukan tindakan sebagaimana seharusnya.

"Saya tadi meminta Pak Dirjend gakum dan kawan-kawan gakum di bagian pulau Sumatra untuk turun mengatasi permasalahan ini," ujar Siti.

Menteri sangat berterimakasih atas dukungan TNI-POLRI dalam hal dukungan mengatasi kebakaran hutan dan lahan yang menjadi permasalahan belakangan ini.***