PEKANBARU - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali saat bertandang ke Pekanbaru, Riau, menyempatkan diri melihat Stadion Utama Riau. Saat melihat kemegahan stadion kebanggaan masyarakat Riau, dirinya mengusulkan stadion ini digunakan untuk training atau turnamen uji coba.

Sebelumnya Pemerintah Provinsi Riau, mengusulkan kepada Menpora, agar Stadion Utama Riau bisa menjadi salah satu tempat diselenggarakannya Piala Dunia U-20 tahun 2021. Namun FIFA telah menunjuk 6 stadion di Indonesia, yakni Stadion Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Pakansari (Bogor), Stadion Manahan (Solo), Stadion Mandala Krida (Yogyakarta), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).

"Untuk Piala Dunia U-20 kita telah masukan usulan ke FIFA, ada 10 stadion. Setelah usulam kita ke FIFA, baru Pemerintah Provinsi Riau memberikan usulan. Jadi kita akan menjadikan stadion ini (Stadion Utama Riau, red), sebagai training camp," kata Zainudin, Jumst (34/1/2020), usai melihat Stadion Utama Riau didampingi Wakil Gubernur Riau Edy Nasution dan Sekdaprov Riau Yan Prana Jaya.

Meskipun Riau terlambat mengajukan penggunaan Stadion Utama Riau, menurut Menpora, pertandingan uji coba international untuk tim nasional Indonesia dengan negara lainnya bisa dilakukan di Provinsi Riau.

"Riau sudah dimasukkan sebagai salah satu tuan rumah, namun itu bukan kewenangan Menpora. Tapi yang menentukan FIFA dan PSSI. Jadi Riau belum dinilai gagal sebagai tuan rumah," ungkap Zainudin. ***