SOLO - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali berbaur dengan penonton menyaksikan partai final Sepakbola Cerebral Palsy (CP) ASEAN Para Games 2022 Solo yang mempertemukan Tim Sepakbola PC Indonesia melawan Thailand yang berlangsung di  Stadion UNS Solo, Jumat (5/8/2022).

Kedatangan Menteri asal Partai Golkar ini disambut dengan nyanyian 'Selamat Datang Bapak Menteri', oleh ratusan suporter Tim Sepakbola CP Indonesia yang berasal dari SMA 5 Surakarta. Setelah menyapa para penonton, Menpora Amali yang hadir bersama Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan itu pun langsung bergegas ke tenda VVIP yang disediakan oleh panitia yang berada di pinggir lapangan.

Namun tak lebih dari dua menit di dalam tenda VVIP, lantaran melihat animo para penonton yang terus menyemangati tim sepakbola Cerebral Palsy Indonesia, Menpora Amali pun memutuskan untuk pindah ke tribun penonton, menyaksikan jalannya laga final bersama para masyarakat yang hadir.

Nampaknya, Kehadiran Menpora Amali pun dirasakan oleh para pemain Indonesia, sehingga menambah daya juang dan semangat. Itu terlihat, sebelum kehadiran Menteri asal Partai Golkar itu di UNS Stadion, skuad Merah Putih terlebih dahulu tertinggal 0-1 dari Thailand, namun lima menit saat Menpora menyaksikan laga dari tribun penonton, skor pun berubah menjadi 1-1.

Jelang berakhirnya babak pertama, Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka pun datang ke UNS Stadion. Melihat Menpora Amali menyaksikan laga final dari tribun penonton, Ketua Panitia Pelaksana ASEAN Para Games 2022 (INASPOC) ini langsung menghampiri Menpora Amali. Begitu juga Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Di laga final ini, Timnas Sepalbola CP Indonesia gagal memenuhi ambisi merebut emas dalam pertarungan menenangkan yang berakhir dengan adu penalti 5-6 (4-4).  Dengan hasil ini, Thailand merebut medali emas dan Indonesia harus puas dengan perak sedangkan perunggu direbut Myanmar. ***