MEDAN -- Tawuran yang melibatkan ratusan orang warga terjadi di Kelurahan Belawan Bahari, Kecamatan Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara, Rabu (21/7/2021) dini hari.

Ratusan pelaku tawuran juga melakukan pembakaran dan penjarahan terhadap puluhan kios pedagang serta menghancurkan sejumlah rumah warga.

Dikutip dari Inews.id, tawuran ini melibatkan ratusan pemuda lingkungan 1 dan lingkungan XIII Kelurahan Belawan Bahari. Mereka saling serang dengan lemparan batu di Jalan Pulau Krakatau, Kecamatan Medan Belawan.

Pantauan di lapangan, kerusuhan itu membuat suasana di lokasi kejadian sangat mencekam. Sekelompok massa yang brutal membakar kios dan menghancurkan puluhan rumah warga.

Puluhan remaja dan pemuda mengalami luka-luka akibat lemparan batu.

Dugaan sementara, aksi tawuran ini berlatar belakang perselisihan anak-anak dan remaja di bawah umur yang berujung pada tawuran antarpemuda setempat.

Anggota Polsek Medan Belawan dan Polres Pelabuhan Belawan yang menerima informasi langsung datang membubarkan kerumunan warga. Petugas bahkan melepaskan tembakan gas air mata.

Setelah beberapa saat, polisi akhirnya menguasai kondisi di lapangan. Warga dipukul mundur dan beberapa orang diamankan.

Seorang pemilik kios Candra Kirana sambil menangis menceritakan kondisi tempat usahanya yang rusak berantakan. Seluruh barang jualan juga hilang dijarah para pelaku tawuran.

''Tabung gas elpiji saya 20 buah dan empat kompor gas hilang. Tv, speaker aktif, bahkan mereka sampai masuk ke dalam kamar dan mengambil perhiasan. Ini sudah bukan tawuran, ini penjarahan,'' ucapnya.

Kasus tawuran dan penjarahan tersebut kini sudah dalam penanganan polisi. Beberapa orang ditangkap untuk kepentingan penyelidikan.***