SELATPANJANG - Masa jabatan bupati dan wakil bupati Kepulauan Meranti resmi berakhir. Sekda Dr H Kamsol MM resmi menjadi Plh Bupati Kepulauan Meranti. Serah terima jabatan (sertijab) dilaksanakan pada Rabu (17/2/2021) siang.

Serah terima jabatan dari Irwan Nasir ke Kamsol digelar di Aula Kantor Bupati, Jalan Dorak Selatpanjang. Sertijab disaksikan oleh Ketua DPRD Kepulauan Meranti, Ardiansyah.

Dalam kesempatan itu, Irwan Nasir berpesan kepada seluruh pejabat yang melayani masyarakat agar tidak terlalu menanggapi kritikan dengan respon yang berlebihan.

"Saya juga ingin berpesan kepada seluruh pejabat yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti, hari ini kita semua berada di ruang publik ketika kita berada di ruang publik kita ini seperti ikan di dalam akuarium, apapun yang kita lakukan bisa dilihat masyarakat dari segala sisi oleh karena itu sebagai pelayan masyarakat sebagai pejabat publik tentu apa yang kita lakukan harus sesuai aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah," pesan Irwan.

"Apapun yang kita lakukan itu akan mendapatkan tanggapan dari masyarakat apakah bentuknya itu adalah kritikan atau sebuah ungkapan yang bisa diberikan oleh masyarakat terhadap penilaian yang mereka berikan untuk kinerja yang kita lakukan. Untuk itu saya harapkan kepada kita semua untuk tidak melakukan respon yang berlebihan, karena kalau tanggapan positif itu patut disyukuri dan mungkin perlu dipertahankan kalau responnya mungkin negatif saya pikir tidak usah terlalu diambil pusing," katanya lagi.

Ditambahkan Irwan, yang selalu memberikan pandangan negatif itu biasanya merupakan kelompok kecil yang barangkali ada kepentingannya yang tidak diakomodir.

"Kalau ada kelompok-kelompok yang mungkin memberikan pandangan negatif tidak perlu terlalu dirisaukan dan untuk saudara kita teman-teman kita yang memberikan respon negatif atau mencaci maki itu mencerminkan kemampuan yang bersangkutan dalam menyampaikan apa yang dirasakan," ujarnya.

Selain itu, Irwan juga berpesan kepada para pejabat untuk tidak terlalu mengumbarkan sesuatu yang berlebihan ke media sosial. Karena hal tersebut akan menjadi catatan bagi masyarakat dan keturunan nantinya.

"Di era digitalisasi sekarang ini apapun yang dipergunjingkan atau di upload di media sosial otomatis akan bisa dilihat oleh semua kalangan. Untuk itu sebagai pejabat publik jangan terlalu mengumbarkan sesuatu yang tidak penting di media sosial," pungkasnya.

Sementara itu, Dr Kamsol MM mengungkapkan agar transisi pemerintahan dapat berjalan dengan baik, ia meminta agar pejabat melakukan koordinasi yang intens agar tidak terjadi permasalahan dikemudian hari. Selain itu, pihaknya juga akan segera mempersiapkan prosesi pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih.

"Kami sangat berharap seluruh kepala OPD, kita mempersiapkan masa transisi ini dan kita juga menjalankan bagaimana melakukan koordinasi, ini sangat penting dilakukan agar masa transisi pemerintahan ini dapat berjalan dengan baik sehingga tidak ada permasalahan yang menjadi kendala di kemudian hari. Selain itu kita juga akan mempersiapkan dengan segera prosesi pelantikan bupati terpilih, dimana informasi yang diterima pelantikan akan segera dilakukan pada akhir Februari," pungkasnya.***