PEKANBARU – Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menggelontorkan anggaran dari APBD Tahun 2023 untuk program beasiswa kepada mahasiswa.

Asisten III Pemko Pekanbaru, Masykur Tarmizi mengatakan, program ini akan dimulai pada Maret 2023 dan mahasiswa bisa mendaftar atau akses secara online.

"Sesuai jadwal yang sudah disusun, Insyallah kita umumkan bulan Februari dan Maret sudah bisa mendaftar secara online," ujarnya, Senin (16/1/2023).

Menurutnya, persyaratan untuk pengajuan bantuan beasiswa ini adalah mahasiswa berprestasi dan keluarga tidak mampu. Diantaranya berprestasi di bidang olahraga, bidang seni, ataupun akademis.

"Kalau dia dari keluarga tidak mampu, dia terdaftar di DTKS. Kalau dia berprestasi, kita lihat dia berprestasi di bidang apa, apakah di bidang akademik, ada persyaratan IPK. Kalau di bidang olahraga, misalnya mungkin dia pernah juara apa, di kejuaraan apa, yang prestasinya nasional, ini bisa kita berikan. Ada prestasi akademik, prestasi di bidang olahraga, bidang seni, ada prestasi di bidang keagamaan," jelasnya.

Setelah pendaftaran, tim terkait kemudian akan melakukan verifikasi terlebih dahulu. Adapun penyaluran bantuan beasiswa ini dilakukan melalui bagian Kesra.

"Setelah kita verifikasi baru penyaluran oleh bagian Kesra. Untuk besaran bantuan beasiswa bervariasi. Baik itu untuk S1 atau D3," pungkasnya. ***