PEKANBARU - Sembilan rumah warga yang berada di tepi sungai atau di Jalan Kuala Enok, Tanah Merah, Indragiri Hilir, Riau rusak akibat tanah longsor yang terjadi Minggu (14/12/2022) pukul 23.30 WIB.

"Minggu malam kemarin telah terjadi bencana alam tanah longsor. Ada sembilan rumah warga rusak berat akibat abrasi," kata Kapolres Indragiri Hilir, AKBP Norhayat, Selasa (14/12/2022).

Sembilan rumah warga rusak tersebut antara lain rumah milik Ameng, Kamil, Muis, Hasan Basri, Hj Minah, Amin, Hadrah, Ashar dan Agustang. Kondisi rumah seluruhnya rusak berat.

Ia menyebutkan insiden tanah longsor terjadi saat warga sedang duduk santai di dalam rumah. Warga mendengar ada suara kayu patah di rumah mereka dalam kondisi gelap.

Warga kemudian berteriak tanah longsor langsung keluar rumah. Selanjutnya warga melihat rumahnya mulai bergerak roboh ke tanah.

"Dalam kejadian musibah tanah longsor tersebut tidak terdapat korban jiwa. Jadi kerugian sampai saat ini belum dapat ditaksir," katanya.

Dugaan awal terjadinya musibah tanah longsor disebabkan abrasi air sungai. Hal ini dikarenakan pemukiman rumah masyarakat yang mengalami musibah longsor di sepanjang pinggir sungai dan saat terjadinya musibah tanah longsor air dalam keadaan surut kering.

"Saat tim dari BPBD dan Pemerintahan di Kecamatan Tanah Merah dan Polsek Tanah Merah serta masyarakat setempat sedang melakukan pendataan terhadap identitas pemilik rumah dan mengevakuasi barang-barang. Untuk warga pemilik rumah yang mengalami musibah tanah longsor ditempatkan di rumah kerabat dan di rumah masyarakat sekitar TKP tanah longsor," katanya. ***