PEKANBARU - PT Hutama Karya (Persero) baru saja selesai menjalani proses Uji Laik Fungsi (ULF) oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Korlantas Polri, dan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan selama dua hari yaitu pada 16-17 Desember 2019.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Direktur Utama Hutama Karya, Bintang Perbowo; SEVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Muhammad Fauzan; EVP Divisi Pengembangan Jalan Tol Hutama Karya, Agung Fajarwanto; dan EVP Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya, J. Aries Dewantoro.

Bintang Perbowo menyatakan bahwa sebentar lagi jalan tol yang ditunggu oleh masyarakat Riau khususnya segera dapat dinikmati karena berdasarkan Hasil Uji Laik Fungsi yang telah dilakukan, jalan tol ruas Pekanbaru-Dumai Seksi 1 siap untuk difungsionalkan di akhir tahun.

"Setelah ULF ini kami merencanakan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai akan fungsional menyambut Arus Mudik Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 yaitu mulai tanggal 23 Desember 2019 s/d 2 Januari 2020 mulai pukul 08.00 s/d 16.00 WIB untuk jenis kendaraan Golongan 1 (Non Bus)," ujarnya menjelaskan.

Bintang juga menambahkan bahwa faktor keamanan pengguna jalan tol sudah dipersiapkan dengan baik oleh Hutama Karya. "Selain kelengkapan keselamatan di jalan tol seperti rambu-rambu dan marka jalan, kami juga telah menyiapkan armada pelayanan lalu lintas seperti 2unit Patroli Jalan Raya, Ambulans, hingga kendaraan patroli," tuturnya.

Lebih lanjut Hutama Karya juga telah menyiapkan 2 Pos Porlantas di Simpang Masuk Ringroad KM19 dan di Simpang Perawang. "Sudah kami koordinasikan dengan Polres setempat agar dapat menyiagakan personilnya di masing-masing pos tersebut," tutup Bintang.

Seperti halnya jalan tol yang baru difungsionalkan, maka Hutama Karya selaku Operator Jalan Tol ruas Pekanbaru-Dumai Seksi 1 memastikan bahwa seluruh pengendara yang lewat di jalan tol ini belum dikenai biaya tol.

Hingga hari ini, Hutama Karya telah membangun 469,5 km jalan Tol trans sumatera, dengan 373 km jalan Tol trans sumatera yang sudah beroperasi penuh yakni ruas Bakauheni-Terbangi besar 140 km, ruas Terbangi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189km, ruas Medan-Binjai sepanjang 13 km, ruas Palembang-Indralaya sepanjang 22km, dan ruas fungsional Pekanbaru-Dumai Seksi 1 sepanjang 9km.

Sedangkan progress tol yang sudah terbangun namun belum beroperasi penuh adalah ruas Sigli-Banda Aceh sepanjang 14km, dan ruas Pekanbaru-Dumai sepanjang 87,5km.

Tak hanya itu untuk memastikan ketersediaan informasi bagi para pemudik dan menghimbau agar pemudik selalu berkendara dengan selamat di JTTS, Hutama Karya telah resmi meluncurkan kampanye bertajuk "SETUJU".

SETUJU merupakan singkatan dari Selamat Sampai Tujuan. Melalui kampanye SETUJU, para pengemudi bakal dibekali buku saku yang menjadi panduan pengemudi melewati JTTS. Buku saku ini berisikan informasi terkait fasilitas JTTS, peta tol, dan lokasi rest area. Berisikan potensi-potensi di sekitar Gerbang Tol JTTS seperti rumah sakit, penginapan, tempat makan, SPBU, dan lokasi wisata. Informasi tersebut dilengkapi nomor telepon yang hendak dituju. Selain itu, buku saku juga berisikan konten "How To" seperti, gerakan-gerakan untuk menghilangkan penat, senam 5 menit untuk menghilangkan kantuk, dan lain-lain. Informasi juga dilengkapi cara memeriksa kendaraan yang penting dilakukan berkendara jarak jauh. ***