PEKANBARU, GORIAU.COM - Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Kepala Daerah Provinsi Riau terhadap penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Riau tahun 2013 akhirnya tuntas dan segera dibahas melalui paripurna DPRD Riau.

''Ya kita sudah menerima surat LKPj dan akan segera kita sampaikan ke Badan Musyawarah (Banmus) DPRD,'' ujar Sekretaris DPRD Riau, Zulkarnain Kadir kepada GoRiau.com, Jumat (21/3/2014).

Dengan selesainya LKPJ tersebut, satu persatu proses administrasi di Pemprov Riau tuntas dan diharapkan akan lebih mempercepat kegiatan untuk tahun 2014.

''Rencannya hari Selasa, 25 Maret akan kita ajukan ke Banmus. Mudah-mudahan segera diagendakan untuk paripurna,'' tambahnya.

Dijelaskan, penyusunan paripurna LKPj nantinya akan serentak dengan penyusunan agenda DPRD Riau dan alat kelengkapan untuk bulan Maret dan April.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada tahun lalu, LKPj Pemprov Riau untuk tahun 2012 mendapat penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WDP) karena dinilai sudah mengikuti azas, aturan dan kepatutan sesuai perundang-undangan yang berlaku. Hanya beberapa kegiatan yang mendapat perhatian dan perlu dibenahi sesuai catatan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Riau.

Sementara untuk tahun 2013, LKPj diperkirakan akan lebih berat mengingat APBD 2013 juga memuat anggaran Pemilihan Gubernur Riau, penyelesaian proyek multiyears selama masa pemerintahan Gubernur Riau Rusli Zainal serta adanya perubahan kepemimpinan di Riau yang menyebabkan adanya beberapa penyesuaian. ***