PANGKALAN KERINCI - Lima Karateka asal Pelalawan kembali menorehkan prestasi di kancah internasional dalam kejuaraan internasional, 20th Milo International Karate Championship 2019 di Kuala Lumpur, Malaysia, 5-7 Juli 2019.

Dalam kompetisi yang diikuti oleh sepuluh negara ini, Tim Karate binaan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan Atlet Masa Depan (PPLAMD) berhasil meraih lima medali emas dan satu medali perunggu.

Pelatih PPLAMD, Kurniawan menyebutkan sebanyak empat dari enam atlet yang dikirim untuk mengikuti kejuaraan. Ia menceritakan antusiasme dari para peserta Tim Karate PPLAMD terlihat pada proses dalam mempersiapkan kejuaraan. Persiapan yang hanya memakan waktu satu bulan setengah.

“Latihan dilakukan setiap pagi dan sore hari. Hal ini dimanfaatkan secara maksimal oleh para atlet yang berhasil meraih medali emas. Latihan fisik dan mental mereka jalani demi tercapainya tujuan dari berbagai pihak yang mendukung mereka,” ujar Kurniawan.

Menurut Kurniawan, tantangan yang harus dihadapi oleh Tim Karate PPLAMD pada kejuaraan kali ini yaitu ketangkasan dan strategi dari lawan yang sangat sulit untuk diprediksi.

Dalam kejuaraan ini, dua medali emas diraih oleh Jessica Tetty Debora. Siswi SMA Mutiara Harapan Pangkalan Kerinci ini berhasil menjadi juara pada kategori junior kelas 50 kilogram. Selain itu Cristian Ipanta dari SMA Taruna Andalan Pangkalan Kerinci berhasil meraih medali perunggu Junior 68 kilogram putra.

Kurniawan menambahkan atlet didikannya kerap memenangi kejuaraan karate tingkat nasional maupun internasional.

Hal ini berkat dukungan yang diperoleh dari orang tua dan RAPP. Mulai dari tempat latihan hingga menyediakan keperluan para atlet untuk berlatih dan bertanding.

“Saya berharap ke depannya para atlet yang dilatih di PPLAMD dapat meningkatkan kualitas agar dapat kembali meraih prestasi dalam kejuaraan dalam negeri maupun luar negeri,” katanya.

Pengurus PPLAMD sekaligus karyawan RAPP, Hasudungan Sihite mengatakan perusahaan komit dan mendukung penuh para atlet dalam mengikuti turnamen ini, seperti pelatih, peralatan olahraga, mengirimkan atlet ke berbagai turnamen.

“Perusahaan juga turut membina bakat anak usia dini yang berminat mengikuti olahraga. Ada empat cabang olahraga yang dibina RAPP di bawah PPLAMD, seperti sepakbola, karate, bulutangkis, dan tenis lapangan,” tutupnya. (rls)