PEKANBARU - Partai Golkar Riau masih menjadi jawara pada pemilihan legislatif 2019. Dan dari perhitungan terkahir Partai Golkar Riau meraih 11 Kursi untuk Anggota DPRD Riau, dan dipastikan Golkar menjadi peraih kursi terbanyak dan berhak kembali menjadi ketua DPRD Riau.

Ketua DPD I Golkar Riau, Arsyadjuliandi Rachman, mengatakan, torehan kursi DPRD Riau, Golkar mengalami penurunan dari 14 kurai menjadi 11 kursi. Namun penurunan kursi tersebut tidak menggoyahkan partai beringin ini memimpin DPRD Riau.

"Golkar Riau, masih bisa bertahan menjadi partai pemenang. Dan ini dibuktikan Insya Allah kursi pimpinan Ketua DPRD Riau masih Golkar. Setelah memonitor sesuai hasil yang kita ketahui mendapatkan 11 kursi," ujar Arsyadjuliandi Rachman, usai buka puasa bersama Partai Golkar Riau, di kediamannya, Jalan Jenderal Sudirman, Minggu (26/5/2019).

Dijelaskan mantan Gubernur Riau ini, untuk kursi di Kabupaten Kota, ia mengakui ada pergeseran pimpinan. Namun ada juga terhadi pergeseran yang dulunya partai lain, dan pada periode sekarang di raih oleh Golkar.

"Kabupaten kota memang ada terjadi pergeseran, ada yang dulunya partai Golkar jadi ketua diganti partai lain, tapi ada kabupaten kota yang dulu masuk pimpinan jadi ketua ada pergeseranz Sudah 55 tahun Golkar masih yang tertinggi. Dan dibuktikan dengan posisi secara nasional nomor dua besar," ujar Andi Rahman, biasa ia disapa.

"Sampai saat ini memang ada pergantian daun yang rontok, diganti dengan yang baru. Golkar masih kuat, belum sampai ke ranting dan akar yang rontok, masih daun yang kering. Kamipun berusaha terus seluruh kader Kabupten kota, Organiasi mendirikan dan dirikan, serta sayap memulai konsolidasi sekaligus merekrut kader baru," tambahnya.

Sementara itu, untuk penunjukan Ketua DPRD Riau, kedepan, pihaknya masih menungggu petunjuk pelaksanaan (Juklak), dari pimpinan pusat. Jika telah keluar juklak dari DPP barulah pihaknya bisa menentukan siapa yang akan ditunjuk sebagai pimpinan Dewan.

"Untuk pimpinan Dewan kita masih menunggu Juklak dari DPP. Sekarang ini masing-masing daerah diminta untuk mempersiapkannya, siap yang akan ditunjuk menduduki kursi Ketua DPRD Riau, kita tunggu juklaknya," kata Andi Rahman, yang kembali duduk sebagai anggota DPR RI, dari dapil I Riau. ***