TELUKKUANTAN - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau sedang mempersiapkan diri untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Mulai dari mempersiapkan ruang penyimpanan vaksin hingga pelatihan tenaga medis.

"Ruangan penyimpanan vaksin ada, kita tersedia dan lengkap dengan sarana penyimpinanannya," ujar Agusmandar, Jubir Covid-19 Kuansing, Senin (11/1/2021) di Kantor Bupati Kuansing.

Sementara itu, lanjut Agusmandar, tenaga medis yang akan melakukan vaksin sedang mengikuti pelatihan secara daring. Nantinya, tenaga medis ini sebagai pelaksana dalam pemberian vaksin.  

"Ruangan penyimpanan sudah siap dan SDM sedang kita siapkan, selesai mereka pelatihan tentu bisa langsung bekerja. Hanya saja, kita terkendala masalah anggaran," papar Agusmandar.  

Dikatakan Agusmandar, Pemkab Kuansing belum menganggarkan biaya pelaksanaan vaksinasi. Karena itu, Kuansing akan berkoordinasi dengan Pemprov Riau dalam pelaksanaannya.  

"Kita minta Diskes sebagai leading sektor untuk berkoordinasi dengan Diskes Provinsi Riau untuk mencarikan jalan keluar, bagaimana vaksinasi ini bisa berjalan, sebab kita tak punya anggaran," terang Agusmandar.  

Terkait siapa saja yang akan divaksin, Agusmandar menegaskan bahwa untuk tahap awal vaksin diprioritaskan untuk tenaga kesehatan dan tokoh masyarakat. Ia pun menyatakan bahwa Bupati Kuansing Mursini siap untuk divaksin. Begitu juga dengan dirinya.***