RENGAT - Kapolres Indragiri Hulu (Inhu), Riau, AKBP Efrizal menyatakan siap disuntik vaksin sinovac Covid-19 sesuai instruksi presiden. Kesiapannya itu sebagai garansi kepada masyarakat bahwa vaksin tersebut aman.

"Tidak hanya tenaga kesehatan, TNI-Polri sebagai garda terdepan dalam penanganan Covid-19 juga siap untuk divaksin sesuai dengan instruksi presiden," tegas Efrizal, Selasa (12/1/2021) di Rengat.

Menurutnya, program pemerintah saat ini fokus pada penyelamatan misi manusia di tengah pandemi Covid-19, sehingga memberikan jaminan rasa kesehatan yang sederajat antar sesama.

"Tidak hanya itu, kami juga sepenuh hati siap membantu mengawal proses vaksinasi, mulai dari penjemputan hingga pendistribusian vaksin ke faskes dan saya sendiri siap untuk divaksin," katanya.

Kendati demikian, lanjut Efrizal, proses vaksinasi masih menunggu instruksi lebih lanjut dari dinas kesehatan, khususnya untuk kelompok Forkopimda nantinya.

Terkait hal ini, Kepala Diskes Inhu Elis Julinarti mengatakan penyuntikan vaksin akan dimulai pada minggu kedua Januari 2021.

"Vaksinasi akan kita mulai pada 14 Januari mendatang dengan jumlah vaksin yang akan kita terima sebanyak 2.085 dan akan disuntikkan pada Nakes hingga Forkopimda," terang Elis.***