PEKANBARU -Walikota Pekanbaru Firdaus mengatakan bahwa seluruh wilayah di Kota Pekanbaru sudah terbebas dari zona merah penyebaran Covid-19. Namun demikian, belum ada satupun wilayah yang dapat dikategorikan zona hijau atau nihil penyebaran Covid-19.

"Kita sudah tidak ada lagi yang zona merah. Tetapi masih ada di zona kuning dan zona oranye, belum memasuki zona hijau," ujarnya, Kamis (7/1/2021).

Ia juga menjelaskan bahwa Kota Pekanbaru masih harus mewaspadai kemungkinan adanya ledakan kasus, pasca libur Natal dan Tahun Baru beberapa waktu lalu. Pasalnya, sejumlah warga dan masyarakat tetap melakukan perjalanan mudik keluar kota atau provinsi saat liburan tersebut.

"Kita masih menunggu dan melihat seperti apakah situasi pasca liburan Natal dan Tahun Baru 2021. Insya Allah akan kita lakukan pemetaan kembali persatu minggu lagi, untuk melihat dampaknya," paparnya.

Menurut Firdaus, pemetaan ini dilakukan untuk menjadi bahan pertimbangan apakah sekolah tatap muka sudah dapat dilakukan. Jika situasi penyebaran Covid-19 menurun dan cenderung aman, tentunya sekolah tatap muka bagi siswa dapat segera diselenggarakan.***