ANKARA - Jumlah korban jiwa akibat gempa bumi dahsyat yang mengguncang Turki dan Suriah pada Senin (6/2/2023) terus bertambah. Data terkini pada Rabu (8/2/2023), jumlah korban tewas sudah mencapai 9.640 orang, hampir menembus angka 10.000 orang,

Dikutip dari sindonews.com yang melansir Reuters, pejabat dan petugas medis mengatakan, 7.108 orang tewas di Turki dan 2.530 jiwa di Suriah, sehingga total menjadi 9.630 orang.

Jumlah itu masih bisa meningkat secara dramatis, karena diperkirakan masih banyak korban yang tertimbun di bawah reruntuhan bangunan. Sementara harapan menyelamatkan lebih banyak orang dari bawah reruntuhan makin memudar, seiring berjalannya waktu sejak gempa magnitudo 7,8 pada Senin pagi.

Gempa itu merupakan yang terbesar di Turki sejak 1939, ketika sekitar 33.000 orang tewas di provinsi Erzincan timur. Sejak itu, wilayah tersebut telah dilanda lebih dari 100 gempa susulan, termasuk gempa kedua berkekuatan 7,6 SR.

Pemandangan tragis bayi yang baru lahir diangkat hidup-hidup dari puing-puing dan seorang ayah yang patah mencengkeram tangan putrinya yang telah meninggal memberi gambaran mencekam para korban.

Hampir dua hari setelah satu gedung apartemen runtuh di Kahramanmaras, kota di Turki yang tidak jauh dari pusat gempa, tim penyelamat menarik seorang anak laki-laki berusia tiga tahun dari bawah reruntuhan.

Ayah anak laki-laki itu, Ertugrul Kisi, yang sebelumnya telah diselamatkan, terisak saat putranya ditarik bebas dan dimasukkan ke dalam ambulans.

Beberapa jam kemudian, tim penyelamat menarik seorang gadis berusia 10 tahun dari reruntuhan rumahnya di kota Adiyaman. Di tengah tepuk tangan dari para penonton, kakeknya menciumnya dan berbicara dengan lembut padanya saat dia dimasukkan ke dalam ambulans.

Bayi Baru Lahir Selamat

Di kota Jindires, Suriah barat laut, penduduk menemukan bayi baru lahir yang menangis masih terhubung dengan tali pusar ke jenazah ibunya. Bayi itu dilaporkan adalah satu-satunya anggota keluarganya yang selamat dalam bencana itu.

Sebanyak 1.280 orang tewas di barat laut yang dikuasai oposisi Suriah, dengan lebih dari 2.300 orang terluka, menurut sukarelawan responden pertama yang dikenal sebagai White Helmets.

Pemerintah Suriah telah melaporkan tambahan 1.250 kematian. Tim penyelamat, juga dikenal sebagai Pertahanan Sipil Suriah, mengatakan di Twitter jumlah korban diperkirakan meningkat secara signifikan karena masih ada ratusan keluarga di bawah reruntuhan, lebih dari 50 jam setelah gempa.

Waktu Hampir Habis

Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus memperingatkan waktu hampir habis untuk ribuan orang yang terluka dan mereka yang masih dikhawatirkan terperangkap. Tim pencari dari lebih dari 20 negara bergabung dengan lebih dari 24.000 personel darurat Turki dan janji bantuan terus mengalir. Tetapi di antara mereka yang kerabatnya masih berada di bawah reruntuhan, bantuan terlalu lambat datang.

"Aku tidak bisa mendapatkan saudaraku kembali dari reruntuhan. Saya tidak bisa mendapatkan keponakan saya kembali. Lihat di sekitar sini. Tidak ada pejabat negara di sini, demi Tuhan," ujar Ali Sagiroglu, warga Kahramanmaras, dengan pilu kepada AFP.

Stefanie Dekker dari Al Jazeera berada di Gaziantep dan dia memberikan laporan mengerikan saat petugas penyelamat berpacu dengan waktu untuk menemukan korban selamat. “Sayangnya, di mana kita berada di sini, dan juga di lokasi lain yang baru saja kita kembalikan, ini adalah operasi pemulihan, bukan lagi operasi penyelamatan,” papar Dekker.***