PEKANBARU - Kegiatan 'Ngebakso', singkatan dari NGEBAhas Ketentuan peraturan & SOsialisasi, yang diselenggarakan oleh Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) Pengurus Daerah Kota Pekanbaru pada Rabu (08/02/2023) di Ballroom Hotel Royal Asnof, Pekanbaru, dihadiri oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Pekanbaru Alek Kurniawan, SP, M.Si, bersama Bidang Pajak Daerah I dan Bidang Perencanaan dan Pengembangan Pendapatan Daerah (P3D). Acara ini juga dihadiri oleh Tim dari Kantor Pertanahan/Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Pekanbaru.

"Ini kegiatan yang luar biasa, terlebih acaranya dilabeli dengan nama 'ngebakso', keren dan kekinian. Luar biasa untuk IPPAT Pekanbaru," ungkap Alek Kurniawan, yang akrab disapa Akur. Ia juga berharap agar kegiatan serupa dapat rutin dilaksanakan guna mendorong suksesi urusan kedua belah pihak, termasuk sosialisasi informasi baru terkait perpajakan daerah.

Akur menekankan pentingnya peran rekan-rekan PPAT bagi Bapenda, terutama dalam optimalisasi pajak di sub BPHTB. Kegiatan 'Ngebakso' ini menjadi wadah untuk membahas berbagai peraturan baru, seperti Instruksi Walikota Pekanbaru tentang Nilai Penjualan Objek Pajak Tidak Kena Pajak (NPOPTKP) atas Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

Dalam rangka menyukseskan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), Akur mengungkapkan bahwa Pemko Pekanbaru masih memberikan pengurangan BPHTB 50% terhadap pendaftaran pertama kali. Selain itu, Bapenda kini telah difasilitasi secara elektronik untuk pendaftaran, pembayaran, dan pelaporan dengan nama "Smart Tax Pekanbaru". Namun, Akur mengakui bahwa layanan digital BPHTB masih dalam tahap pengembangan.

Rekan-rekan IPPAT mengapresiasi kegiatan ini dan mengusulkan beberapa rekomendasi konstruktif kepada Bapenda terkait percepatan-percepatan optimalisasi perpajakan. Ketua IPPAT Pekanbaru, Ivo Fidriyanti, mengucapkan terima kasih kepada Tim Bapenda dan BPN Pekanbaru yang telah hadir dan berpartisipasi dalam giat 'Ngebakso'.

Acara yang diikuti oleh puluhan anggota IPPAT berlangsung hangat, akrab, dan antusias. Acara berakhir sekitar pukul 18.00 WIB, ditutup dengan penyerahan plakat dan sesi foto bersama. ***