NUSA DUA - Turnamen Bulutangkis Indonesia Open 2021 berhadiah total 850 ribu dolar AS siap bergulir di Nusa Dua, Bali. Rangkaian turnamen Indonesia Badminton Festival (IBF) 2021 ini dimainkan di Bali International Convention Centre & Westin Resort Nusa Dua, Bali, 23-28 November 2021.

Pekan lalu, ajang bulutangkis Indonesia Masters 2021 sukses digelar pada lokasi yang sama. Kini, turnamen yang masuk dalam BWF World Tour Super 1000 ini dipastikan akan memanaskan kembali Pulau Dewata.

"Setelah turnamen Indonesia Masters 2021, para pebulutangkis langsung bersiap untuk menghadapi Indonesia Open 2021. Ini adalah pengalaman baru bagi pemain dan ofisial serta panpel yang bersatu dalam satu tempat yang sama dalam rangkaian perhelatan Indonesia Badminton Festival 2021," ujar Kabid Humas dan Media Indonesia Badminton Festival, Broto Happy saat jumpa pers di Nusa Dua, Bali, Senin (22/11).

Menurutnya, persiapan dari pihak penyelenggara sudah maksimal dan tinggal menjalankan saja. Dia berharap, para pemain pun bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk bisa tampil lebih baik lagi dari turnamen sebelumnya.

Lebih jauh Broto mengatakan, Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna berharap perhelatan ini bisa berjalan lancar dan tanpa kendala mengingat rangkaian turnamen ini digelar pada saat pandemi belum berakhir.

Selain itu, diharapkan para pebulutangkis tuan rumah bisa menuai prestasi terbaiknya. "Pak Agung berpesan, turnamen ini bisa digelar dengan lancar tanpa kendala dan tetap mengedepankan protokol kesehatan. Kemudian diharapkan pemain kita bisa tampil maksimal, paling tidak mempersembahkan prestasi di turnamen ini," kata Broto.

Dalam kesempatan yang sama ganda putri peraih medali emas Olimpiade Tokyo, Greysia Polii dan Apriyani Rahayu mengaku siap secara fisik dan mental untuk kembali tampil. "Kami berdua usai Indonesia Masters kemarin, langsung melakukan evaluasi dan persiapan. Tentunya kami siap tampil di sini," ujar Greysia.

"Kesiapan fisik dan mental sudah maksimal. Tinggal bermain dan siap tanding," imbuh Apriyani.

Pebulutangkis tunggal putra Jonatan Christie pun mengaku tengah melakukan penyegaran fisik dan fokus pada strategi yang akan dijalankan. "Saat ini saya sedang recovery menyiasati padatnya jadwal tanding dan fokus pada strategi permainan bersama pelatih," kata Joji, sapaan karib Jonatan.

Hadir dalam kesempatan jumpa pers itu, runner up Indonesia Masters 2021, Anders Antonsen yang lebih menjalani aktivitas yang menyenangkan dirinya, seperti berinteraksi melalui media sosial, sambil sekedar menikmati fasilitas yang ada di Westin Resort.

Kendati demikian, pemain asal Denmark itu tetap mempersiapkan diri untuk turnamen SimInvest Indonesia Open 2021. "Saya sudah tampil maksimal kemarin. Kecewa juga kalah, tapi Momota bermain lebih bagus. Semoga di turnamen berikut tampil lebih baik lagi," ungkap Antonsen. ***