PEKANBARU – Komisi III DPRD Riau dalam pekan ini akan mengevaluasi kinerja BUMD milik Pemprov Riau. Hal ini dikatakan Sekretaris komisi III DPRD Riau Sewitri, Senin (30/1/2023) di DPRD Riau.

"Untuk mengetahui kinerja, capaian-capaian selama tahun 2022 lalu, komisi III DPRD Riau akan memanggil manajemen BUMD milik Pemprov Riau, pekan ini," jelasnya.

DPRD Riau jelasnya menginginkan BUMD milik Pemprov Riau ini dapat tumbuh berkembang secara sehat sehingga dapat memberikan profit bagi Pemprov Riau,"Untuk kita berharap ada terobosan-terobosan baru yang dibuat oleh manajemen sehingga BUMD ini mampu memberikan kontribusi yang signifikan untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD)," kata politisi Golkar ini.

Komisi III lanjutnya juga menginginkan BUMD yang selama ini didanai oleh APBD ini memiliki target keuntungan pada tahun 2023, "Target ini diperlukan agar para manajemen termotivasi dalam bekerja, sehingga membuat BUMD ini menjadi sehat," ujarnya.

Dari tujuh BUMD milik Pemprov Riau, hanya ada tiga yang memberikan keuntungan. Ketiga BUMD Pemprov Riau yang sehat, yaitu PT Bank Riau Kepri (BRK), PT Penjaminan Kredit Daerah (Jamkrida), dan PT Sarana Pembangunan Riau (SPR).

Empat BUMD yang belum memberikan keuntungan, yaitu PT Permodalan Ekonomi Rakyat (PER), PT Pembangunan Investasi Riau (PIR), PT Riau Petroleum, dan PT Riau Airlines. (kl2)