PEKANBARU - Dalam beberapa tahun terakhir, inovasi teknologi digital berkembang dengan sangat masif dan pesat yang menuntun pada berbagai perubahan besar yang terjadi di berbagai bidang.

Kehadiran teknologi digital telah membawa kemudahan dan kecepatan dalam kehidupan sehari-hari.

GoRiau
Namun demikian, layaknya dua sisi koin, teknologi digital pun mendatangkan berbagai bahaya yang mengintai setiap penggunanya. Terlebih, saat ini Indonesia juga sedang menjalankan agenda nasional transformasi digital yang diimplementasikan melalui percepatan perluasan infrastruktur digital di seluruh penjuru negeri yang juga diimbangi dengan penyiapan sumber daya manusia talenta digital.

Merespon kebutuhan tersebut, tahun ini Kementerian Kominfo bersama GNLD Siberkreasi menginisiasi Program Literasi Digital Nasional yang menyasar 12,5 juta juta masyarakat di 514 kabupaten/kota pada 34 provinsi Indonesia.

Program ini diimplementasikan melalui berbagai kelas, lokakarya, serta seminar baik secara luring maupun daring yang mengacu pada empat pilar literasi digital, yaitu: Kecakapan Digital, Keamanan Digital; Etika Digital; serta Budaya Digital.

Adapun tujuan dari dilaksanakannya program literasi digital adalah untuk membangun kesadaran dan pengetahuan masyarakat terhadap pemanfaatan teknologi digital serta mengembangkan dan meningkatkan keterampilan masyarakat Indonesia di dunia digital.

Sebagai rangkaian dari berbagai kegiatan literasi digital yang telah dilaksanakan tersebut, maka di penghujung tahun 2021 ini, Kementerian Kominfo bersama seluruh mitra/jejaring akan melaksanakan puncak acara Literasi Digital yaitu Netizen Fair 2021, yang akan dilakukan secara serentak dan hybrid di berbagai Kota/Kabupaten dan dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 23-24 November 2021. Terdapat empat kelas yang membahas.

"Berbagai fondasi yang dapat memfasilitasi transformasi digital, mulai dari infrastruktur, aplikasi, regulasi, tata kelola, hingga pengembangan teknologi penunjang. Namun semua ini kuncinya ada pada SDM digital," tutur Dirjen Aplikasi Informatika Kominfo, Semuel Pangerapan.

Lebih dari itu, guna memperkuat kapasitas talenta digital sekaligus mewujudkan masyarakat Indonesia yang makin cakap digital, program ini melaksanakan berbagai kegiatan secara rutin, dan dalam kegiatan tersebut, nantinya akan terdapat talkshow serta kelas interaktif yang akan membahas empat Pilar Literasi Digital.

Literasi Digital Netizen Fair 2021 di Kota Pekanbaru

Secara khusus, di Kota Pekanbaru, kegiatan Literasi Digital Netizen Fair 2021 ini akan diadakan di Grand Ballroom Hotel Aryaduta Pekanbaru. Adapun kelas "Netizen Talks" yang akan dihadirkan pada kegiatan ini adalah kelas Konten Kreator dan kelas Public Speaking. Sementara itu, tema-tema talkshow

"Ngobrolin Literasi Digital" yang akan diangkat dalam kegiatan ini antara lain: (1) Mengenal Lanskap Digital; (2) Netiket Masyarakat Digital; (3) Teknologi Merajut Toleransi (4) Aman, Nyaman dan Kreatif di Internet.

Kegiatan ini pun juga akan menghadirkan kegiatan-kegiatan menarik lainnya seperti games, stand up comedy, serta pertunjukan seni dan musik.

Kegiatan Netizen Fair 2021 ini merupakan kegiatan yang gratis dan terbuka untuk umum. Seluruh masyarakat dapat mendaftar kegiatan ini melalui https://s.id/ldnfpekanbaru .

Adapun informasi lebih lanjut mengenai literasi digital dapat diakses melalui info.literasidigital.id atau media sosial Siberkreasi. ***