JAKARTA - Kiemas Sakti Negara masuk dalam daftar skuad Tim Nasional (Timnas) Wushu Junior Indonesia. Atlet sanda asal Sasana Schreuder Salatiga, Jawa Tengah ini akan membela Merah Putih pada Kejuaraan Dunia Wushu Junior ke-VIII yang akan dihelat di ICE Bumi Serpong Tangerang, Banten, 5-11 Desember 2022 mendatang.

"Perasaan senang, bangga, dan bahagia ketika nama saya diumumkan masuk dalam Timnas Wushu Junior Indonesia. Dan, saya juga bersyukur karena keinginan untuk membela Merah Putih di kejuaraan dunia junior 2022 bisa terwujud. Terimakasih atas kepercayaan yang diberikan," kata Kiemas Sakti Negara saat ditemui di Gedung GBK Arena Senayan, Jakarta, pekan ini.

Remaja putra kelahiran Salatiga, 17 Maret 2010 ini memang pantas menggunakan jaket Garuda. Dia merupakan pemegang gelar juara pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Wushu Seri 1 di Universitas Negeri Semarang (UNNES) Semarang, Jawa Tengah dan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Wushu Seri 2 memperebutkan Piala Presiden di Kampus Universitas Negeri Surabaya (UNESA) Surabaya, Jawa Timur tahun 2022.

Di kejuaraan dunia nanti, Kiemas, panggilan akrabnya, masuk dalam kategori Pra Junior akan tampil di kelas 45kg Putra. "Saya kan berusaha memberikan penampilan terbaik agar bisa meraih prestasi maksimal pada penampilan perdana di kejuaraan dunia nanti," katanya.

Selain berlatih keras selama di pelatnas, Kiemas yang tercatat sebagai pelajar SMP Negeri 3 Salatiga ini mengaku akan selalu mengingat pesan kedua orangtuanya.  
"Terus semangat, jaga diri dengan baik, tetep rendah hati, tidak boleh sombong, nurut sama loushe nya, Jaga nama baik orang tua, keluarga, sasana, dan jaga nama baik diri sendiri. Itulah pesannya," ungkap Kiemas. ***