SUMEDANG – Intan Kartika Sari (22), ibu muda warga Dusun Pangadegan, Kecamatan Rancakalong, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, melahirkan dalam toilet umum di Pasar Sandang, Sumedang, Rabu (23/11/2022).

Dikutip dari Sindonews.com, saat kejadian, pasar tradisional tersebut sedang ramai pengunjung. Penjaga toilet umum Pasar Sandang, Yuyu mengatakan, awalnya ibu hamil tersebut meminta izin untuk buang air kecil. Tidak lama kemudian, terdengar suara menjerit dari dalam toilet.

GoRiau Bidan Puskesmas Kota Kaler men
Bidan Puskesmas Kota Kaler menggendong bayi yang baru dilahirkan Intan Kartika Sari. (Foto Inews TV/Beben HV)

"Tidak lama kemudian, dia berteriak memanggil-manggil," ungkapnya.

Setelah Yuyu mengecek ke dalam toilet, ternyata ibu muda tersebut sudah tidak kuat menahan bayinya yang sudah keluar. Warga yang mengetahui kejadian tersebut, langsung meminta bantuan bidan dari Puskesmas Kota Kaler.

Bidan yang datang ke toilet umum itu, langsung memberikan bantuan menyelamatkan bayi dan ibu muda yang tengah melahirkan tersebut. Bidan langsung memotong tali pusat yang masih menempel di perut bayi.

Intan Kartika Sari mengaku datang ke Pasar Sandang bersama ibunya, untuk membeli peralatan bayi. Namun dia tak menduga perutnya terasa sakit, dan bayi dalam kandungannya terasa akan keluar. Ibu muda itu akhirnya terpaksa melahirkan bayi di dalam toilet.

Proses persalinan berjalan normal, dan bayi yang dilahirkan juga sehat. Bayi perempuan tersebut memiliki berat 2,3 kg.

"Bayi yang baru dilahirkan, serta ibunya dalam kondisi sehat. Saat ini keduanya dirawat di Puskesmas Kota Kaler, usai dievakuasi dari toilet umum Pasar Sandang," ujar Kepala Puskesmas Kota Kaler, Mela Ameliani.***