TELUKKUANTAN - Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau membuat kesimpulan bahwa Wakil Bupati nonaktif H. Halim sembuh dari Covid-19.

Hal itu disampaikan Agusmandar, Juru Bicara Covid-19 Kuansing seiring munculnya polemik tentang kesehatan Halim.

Agusmandar memaparkan kronologis Halim sejak pengambilan swab 1 pada 24 September 2020. Hasilnya keluar pada tanggal 28 September 2020 dengan hasil terkonfirmasi positif Covid-19.

"Langsung dirawat di RS Aulia dengan keluhan batuk pilek," ujar Agusmandar, Ahad (11/10/2020) malam.

Pada 1 Oktober 2020, lanjut Agusmandar, Halim tidak lagi memiliki gejala. Karena itu, ia diizinkan pulang untuk menjalani isolasi mandiri. Sebelum pulang, swab kedua kembali diambil.

"Tanggal 7 Oktober hasilnya keluar dan dirilis pada 8 Oktober dengan hasil masih positif," ujar Agusmandar.

Pada 7 Oktober 2020, lanjut Agusmandar, Halim juga melaksanakan swab mandiri di Labor Prodia dengan hasil negatif. Tanggal 8 Oktober 2020 merupakan masa selesai isolasi selama 14 hari.

"Sesuai revisi kelima dari Kemenkes, apabila sudah dirawat 14 hari, pasien dapat melakukan isolasi mandiri," ujar Agusmandar.

"Dengan demikian setelah  mendapat penjelasan dari tim kesehatan dan dokter terkait, maka dari Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kuantan Singingi menyampaikan bahwa TN H dinyatakan negatif (sembuh) dari covid-19," tutup Agusmandar.***