SIAK - Tidak cukup tahu dari sejarah dan cerita para orangtua saja, anak-anak di Siak yang tergabung dalam Komunitas Sudut Siak dan Super Moto Indonesia (SMI) melakukan touring ke sejumlah temoat wisata dan budaya yang ada di Kabupaten Siak, Riau.

Mesti mereka lahir dan besar di Siak, mereka tetap melaksanakan kegiatan tersebut dengan tujuan mengetahui lebih banyak tentang tempat wisata dan budaya di Siak agar kedepannya dapat pula mereka sampaikan kepada orang banyak melalui Sosial media serta kegiatan-kegiatan mereka.

Rombongan Touring SMI ini dilepaa oleh Camat Lubuk Dalam T Indra Putra, di halaman Kantor Camat Lubuk Dalam. Camat sangat merespon positif kegiatan yang dilakukan SMI ini. Dengan sendirinya nanti, anak-anak SMI ini akan memiliki pemahaman yang dalam tentang kebudayaan di Negeri Istana ini.

"Ini merupakan hal yang positif. Dengan melakukan Touring ini, kalian para generasi muda akan lebih mengetahui dan memahami apa-apa saja objek wisata serta bagaimana sejarah para pendiri jerajaan di Siak ini," kata Camat Lubuk Dalam.

Kegiatan Touring budaya ini dijadwalkan akan berakhir pada tanggal 1 Oktober 2017. Ada berbagai Objek Wisata Budaya dan Religi yang akan mereka kunjungi. Dan tentuny hal ini sudah di koordinasikan dengan Dinas Pariwisata Siak dan juga beberapa Camat di Wilayah berbagai Objek wisata.

"Kami awali kegiatan ini dari Kecamatan Lubuk Dalam, lalu ke Koto Gasib, nanti kawan-kawan lainnya akan bergabung di titik-titik (Posko) yang telah ditentukan," kata Ketua Komunitas Sudut Siak, Iksan El Malay.

Sebagai awal tujuan, rombongan akan mengunjungi objek wisata di Kampung Rawa Mekar Jaya dan beberapa objek wisata disekitarnya. Petang hari, rombongan sudah berada di lokasi objek wisata Kampung Dosan, yakni di Danau Naga Sakti.

Selanjutnya, malam harinya (malam ini), mereka bersama-sama dengan Upika dan masyarakat sekitar akan menyaksikan film Pemberontakan G-30S/PKI.

"Hal ini juga sudah kami koordinasikan dengan Camat Pusako, Bapak Andi Putra, S.STP., M.Si. Esoknya, kami akan melakukan Touring ke Kecamatan Siak dan sekitarnya. Kesemuanya ini sudah kami koordinasikan dengan Kepala Dinas Pariwisata, Camat Siak serta beberapa Anggota DPRD Siak dan Tokoh Masyarakat." ungkap Ketua lagi.***