PEKANBARU - Anggota DPRD Riau Dapil Dumai, Kepulauan Meranti, dan Bengkalis, Abdul Kasim, meminta Pemerintah Provinsi Riau memberikan perhatian di sektor pendidikan kepada masyarakatnya, terutama di tingkatan SMA.

Dikatakan Politisi PKS ini, dalam reses yang dilaksanakannya di beberapa titik, banyak masyarakat yang mengeluhkan sulitnya anak-anak mereka untuk bisa masuk ke SMA Negeri, apalagi di kawasan padat penduduk.

"Di kelurahan Kayu Kapur, Dumai, disana masyarakat bahkan siap mewakafkan tanahnya untuk dibangunkan SMA. Pemerintah harus memaksimalkan peluang ini karena kewenangan pembangunan SMA ada di provinsi," ujar Anggota Komisi IV ini, Selasa (14/9/2021).

Kemudian di Jalan Jaya Mukti, Dumai Kota, lanjutnya, ada lahan bekas asrama haji yang bisa dijadikan tempat pembangunan SMA baru. Masyarakat meminta supaya dibangunkan sekolah untuk anak-anak mereka.

"Kita berharap masalah pendidikan ini ditanggapi dengan serius, jangan sampai ada anak-anak kita tidak sekolah karena tidak sanggup biaya di swasta," tuturnya.

Disamping itu, Fraksi PKS, kata dia, sangat mendorong pemerintah untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan pemberian beasiswa, baik dari kalangan tidak mampu maupun yang berprestasi.

"Kepada pengawas sekolah, kita minta supaya ada beassiwa di sekolah swasta untuk anak-anak yang tidak mampu. Persoalan sekolah ini tidak hanya di Dumai saja, di Duri dan Kepulauan Meranti juga ada," harapnya.

Selain permintaan sekolah baru, masyarakat di Dapilnya, kata Kasim juga meminta pembangunan infrastruktur lainnya, seperti permintaan rumah sakit kelas C di Rupat, Bengkalis, maupun pembangunannya turap di wilayah pesisir. ***