PEKANBARU - Selama menjabat Bupati Siak, Syamsuar sangat berkomitmen dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakatnya. Salah satu yang paling prioritas adalah upaya untuk memenuhi kebutuhan tenaga dokter spesialis.

Jika diamanahkan menjadi Gubernur Riau 2018, Syamsuar berjanji akan penuhi kebutuhan tenaga dokter spesialis di setiap Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) se Provinsi Riau agar masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang prima.

"Saat ini setiap turun kampanye ke daerah Kabupaten kota di Riau selain infrastruktur, pelayanan kesehatan juga masih tinggi dikeluhkan masyarakat. Komitmen kami dengan pelayanan kesehatan yang prima kepada masyarakat akan kami wujudkan jika menjadi gubernur Riau," kata Syamsuar kepada wartawan, Minggu (3/6/2018).

Masih dikatakan Syamsuar, saat ini RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru masih menjadi rujukan dari sejumlah RSUD di Kabupaten Kota se Riau. Untuk kabupaten kota yang jauh dari Pekanbaru seperti Rengat, Kuansing, Rohil, Inhil dan Kepulauan Meranti sangat penting disiapkan tenaga dokter spesialis yang lengkap di RSUD masing-masing.

"Kondisi pasien yang kritis dengan jarak tempuh yang sangat jauh, tentu sangat tidak memungkinkan. Makanya dengan banyak dokter spesialis yang bertugas serta pelayanan medis lengkap akan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan," sebut Syam.

Untuk mewujudkan itu semua, lanjut Syam, tidak sulit jika ada kemauan. Seperti yang dilakukannya di Kabupaten Siak diawal tahun 2018 lalu. Dimana Siak satu-satunya Kabupaten/kota di Riau yang melakukan kerjasama/ MoU dengan Kementerian Kesehatan RI dalam memenuhi kebutuhan dokter spesialis.

Dengan MoU itu, Kemenkes RI akan membantu mengirim dokter spesialis baik untuk RSUD Tengku Rafi'an maupun RSUD baru yang ada di kecamatan Tualang dan beberapa kecamatan lainnya.

Selain itu, Pemda juga memberikan bantuan tugas belajar para dokter umum dan dokter gigi untuk melanjutkan pendidikan Program Dokter Spesialis. Para dokter tersebut akan kembali ke daerah setelah menamatkan pendidikannya.

"Pemerintah juga akan menyiapkan semua fasilitas kepada para dokter tersebut ketika memulai tugasnya," kata dia.

Tidak hanya itu kebutuhan fasilitas alat kesehatan untuk dokter dapat berpraktik di RSUD juga diupayakan, termasuk fasilitas pribadi berupa tempat tinggal beserta isinya serta kendaraan operasional.

Untuk tingkat kesejahteraan, Kabupaten Siak termasuk salah satu yang tertinggi di Provinsi Riau dalam pemberian tunjangan dokter spesialis yang bekerja di RSUD. Sehingga diharapkan para dokter dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

"Bagi seluruh tenaga kesehatan yang bekerja di instansi pemerintah diberi kesempatan untuk meningkatkan pendidikan, maupun kemampuan dan keahlian diri sesuai kebutuhan dan perencanaan anggaran yang ada," kata dia untuk memberikan pelayanan yang paripurna.***