JAKARTA - Sebanyak 40 petenis putra-putri tampil bersaing dalam Kejurnas Remaja Tenis Piala Menpora-SIWO PWI Pusat 2020, di lapangan tenis Elite Club Epicentrum Rasuna, Kuningan, Jakarta.

"Turnamen merupakan kebutuhan atlet, tak terkecuali di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. berangkat hal itu SIWO PWI Pusat ingin menjebatani apa yang dibutuhkan petenis muda di Tanah Air. Tapi tentunya kami tetap memberlakukan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak dan mewajibkan petenis cuci tangan sesudah menyelesaikan pertandingan dan menghilangkan salaman antar mereka. Dan yang utama seluruh petenis kami wajibkan terlebih dulu menjalani rapid test untuk meminimalisir terpapar virus corona," kata Ketua Siwo PWI Pusat, AAGWA Ariwangsa, saat memberikan sambutan membuka Kejurnas, Sabtu (24/10/2020).

Ditambahkan Ariwangsa, ajang Kejurnas Tenis Piala Menpora-SIWO PWI Pusat digelar demi mendukung pembinaan guna terus melahirkan bibit-bibit muda petenis handa yang nantikan akan menjadi andalan Indonesia di level regional, internasional dan bahkan dunia.

SIWO PWI Pusat dapat menggelar Kejurnas Tenis Piala Menpora berkat didukung sejumlah sponsor, yakni Pegadaian, Bank BRI, Taspen, Pertamina Lubricants, PGN, Hutama Karya, Pelindo III, Adhi Karya, Bank Bukopin, dan Jamkrindo Syariah.

"Masa pandemi Covid-19 bukan saja mematikan tenis tetapi seluruh olahraga dunia. Demikian pula Kejurnas ini juga sempat mengalami penundaan, dari rencana semula yang harus digelar bulan April, tapi bulan Oktober ini pertandingan dapat diselenggarakan," terang Ariwangsa.

Jika pada situasi normal jumlah peserta tidak dibatasi, tetapi khusus edisi kali ini peserta dibatasi maksimal 8 peserta tiap kelompok umur. Sesuai apa yang tercantum dalam pembatasan peserta 40-50 %. Ada pun kelompok umur yang dipertandingkan tunggal putra KU 10 tahun, 12 tahun, 14 tahun, 16 tahun, 18 tahun dan putri KU 12 tahun. Artinya total maksimum peserta sebanyak 40 petenis yunior.

Pertandingan menggunakan system Round robin dimana peserta dibagai dalam 2 pool @ 4 peserta sehingga peserta minimlal 2 kali bertanding. Juara dari setiap pool dari kelompok umurnya akan memperebutkan juara dan runner up.  

KELOMPOK UMUR 12 TAHUN PUTRA:

Pool A1. Reifan Mu'izzataya Martadiredja2. Revano Rhodez Ramma3. Justin Ferry Franklin4. Titouan Parrod

Pool B1. Aldebaran Faza Utama2. Kautsar Nazil3. Yosia Nirwasita Agung4. Raihan Somantri

KELOMPOK UMUR 12 TH PUTRI:

Pool A1. Febyaro Ribby Santara2. Benedicta Edwina Theodorius3. Milanesa Briana Susanto4. Sheikha Adelyna Soares

Pool B1. Mischka Sinclaire Goenadi2. Maula Sa'ya3. Joycelline Daryl Mangunsong4. Koreena Agun Hickey

KELOMPOK UMUR 14 TAHUN PUTRA:

Pool A1. Teuku Rafael Rafferty2. Joachim Mika Gunawan3. Fathan Audy4. Marshal Ryanditama Rizki Laksono

Pool B1. Althaf Aziz Hibatullah2. Eric Matthew Gunawan3. Rafa Jeconia Vw]erdasco Mangunsong4. Ahnaf Braga Antoni

KELOMPOK UMUR 16 TAHUN PUTRA:

Pool A1. Dibbyaro Hinomaru2. Bramantyo Rizky Wiratama3. Zinedine Arva Purbo4. Bagus Sandika Yusaka

Pool B1. Arsya Philo Wisyesa Putra Sjarifuddin2. Derryl Alvino Wuisan3. Faisal Rasyid Zafri Suryaputra4. Raffi Ahmad Martadiredja

KELOMPOK UUR 18 TAHUN PUTRA:

Pool A1. Louis Mahaviro Deo Tarigan2. Muhammad Arsya3. Mousa Khalil Ayesh4. Jojo Indradewa

Pool B1. Audric Madyapanna2. M. Yusuf Alfaris3. Valentino Bagas Khurniadhika. ***