PEKANBARU - Jumlah penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) mengalami peningkatan sebanyak 10 kasus, dari minggu lalu. Tercatat, total kasus DBD sudah mencapai 239 kasus pada minggu ke-24 tahun 2019 ini.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution mengajak masyarakat untuk menerapkan perilaku hidup sehat, agar kasus DBD dapat terus ditekan. Diskes juga menggelar lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang diikuti seluruh kelurahan se-Pekanbaru.

"Dengan hidup bersih, maka lingkungannya juga akan bersih dan sehat, rumahpun sehat dan orangnya pun sehat. Karena rumah dan lingkungan yang sehat akan mencegah perkembangan nyamuk penyebab DBD ini," ujarnya, Kamis, (20/6/2019).

Selain itu, Indra juga meminta kepada seluruh Puskesmas, untuk memberikan edukasi kepada warga terkait cara penanganan DBD. Hal ini bermanfaat untuk masyarakat yang lebih tanggap dan cermat.

"Kita ingin Puskesmas mengedukasi masyarakat, salah satunya bagaimana menghindari air tergenang yang berpotensi menjadi sarang nyamuk. Kita sendiri akan langsung terjunkan tim untuk fogging jika ada kasus di satu daerah," ujarnya lagi.***