PEKANBARU - Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0313/KPR, Mayor Inf Gunawan Nurbatin, melakukan peninjauan dan pengecekan lokasi Posko Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Tim 5 Subsatgas 6 yang berada di Koramil 01/Bangkinang di Desa Kuok, Kecamatan Bangkinang Barat, Rabu (31/7/2019).

Dalam kunjungan tersebut Kasdim 0313/KPR melakukan pengecekan secara langsung terhadap kondisi personel dan tanggung jawab Satgas Karhutla serta peralatan yang ada di Posko.

Dalam kesempatan tersebut, Mayor Inf Gunawan Nurbatin mengajak Satgas Karhutla untuk lebih memaksimalkan gerakan pencegahan Karhutla dan meningkatkan intensitas patroli. Termasuk juga gencar mensosialisasikan bahaya membuka lahan dengan cara membakar kepada masyarakat.

“Mari bersama-sama melakukan gerakan pencegahan dan menjaga alam dari Karhutla. Kita jaga alam maka alam akan menjaga kita,” katanya saat memberikan arahan kepada personel Satgas.

Mayor Inf Gunawan Nurbatin juga menyampaikan, penanggulangan Karhutla di wilayah Kodim 0313/KPR bukan hanya tugas TNI, namun tugas bersama seluruh stakeholder serta masyarakat. Karena itu, Kasdim meminta Satgas untuk tidak pernah bosan untuk mensosialisasikan bahaya Karhutla.

"Mitigasi bencana Karhutla ini juga merupakan prioritas utama yang dilakukan Kodim 0313/KPR dalam pelaksanaan Program Non Fisik TMMD Ke-105. Sosialisasi kepada masyarakat menjadi hal terpenting, sehingga diharapkan masyarakat mengerti bagaimana cara membuka lahan tanpa harus membakarnya," ujarnya.

Usai memberikan arahan, Mayor Inf Gunawan Nurbatin juga ikut serta bersama Satgas untuk melaksanakan patroli di kawasan Cagar Alam Bukit Bungkuk. ***