PEKANBARU Meski Dewan Pimpinan Pusat (DPP) sudah mengeluarkan empat Surat Keputusan (SK) dukungan kepada empat kadernya di Pilkada serentak se-Provinsi Riau pada tahun 2020, namun masih ada kader yang tetap bersikukuh untuk maju di Pilkada.

Sebut saja nama Nasaruddin di Pilkada Pelalawan. Nasaruddin sendiri akan mendampingi Ketua DPD PDIP Riau, Zukri di Pilkada Pelalawan. Keduanya akan diusung oleh PDIP dan PPP.

Kemudian ada nama Indra Putra di Pilkada Kuansing. Indra akan mendampingi Bupati petahana Kuansing yang juga Ketua DPW PPP Riau, Mursini. Keduanya sejauh ini sudah mengantongi SK dari PPP dan Nasdem.

Menanggapi hal ini, Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Riau, Ikhsan enggan mengomentari adanya kader yang berpotensi melanggar keputusan DPP ini.

Namun, yang jelas, jika DPP sudah memutuskan untuk mengusung Paslon dibuktikan dengan keluarnya SK, maka seluruh kader Golkar wajib patuh dan tunduk atas hal tersebut.

"Apa yang sudah diputuskan DPP dengan dikeluarkan SK, kita berharap seluruh kader wajib untuk memenangkan pilkada. Untuk menang ini kan kuncinya harus solid dulu," kata Ikhsan kepada GoRiau.com, melalui sambungan seluler, Selasa (14/7/2020).

Terkait adanya kader yang tetap ingin maju, Ikhsan tak mau berkomentar banyak, apalagi dirinya belum memiliki bukti terkait kader-kader tersebut.

"Kita kan masih baca-baca berita juga, tapi di partai sendiri kan sudah ada Juklak, ada Peraturan Organisasi (PO) yang mengatur itu. Saya tak bisa bicara itu karena itu bukan bidang saya, saya hanya bicara bagaimana Golkar bisa menang," tuturnya.

"Kompetisi politik ini cuma dua, menang atau kalah. Kalau mau menang tentu kader harus loyal dan patuh pada partai," tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Golkar resmi mengumumkan dan mengusung empat Pasangan Calon (Paslon) di Pilkada serentak 2020 se-Riau.

Hal tersebut ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) dukungan oleh Ketua Umum DPP Golkar, Airlangga Hartarto di Aula DPP Partai Golkar, Slipi Jakarta Barat.

Ketua Pemenangan Pemilu Sumatra 1 (Aceh-Sumut-Riau-Kepri dan Sumbar) DPP Golkar, Idris Laena mengatakan, dari sembilan Bakal Calon Kepala Daerah yang akan bertarung di Provinsi Riau, pihaknya baru menerbitkan empat SK.

Adapun empat Paslon tersebut ialah Andi Putra - Suhardiman Amby di Kuansing, Rezita Meylani - Junaedi Rahmat di Inhu, Said Arif Fadillah - Sujarwo di Siak, dan Adi Sukemi - M Rais di Pelalawan. ***