SIAK SRI INDRAPURA - Kacamata besar dengan ukuran panjang 14 meter dan lebar 1,5 meter yang dibuat Pemkab Siak untuk menyaksikan fenomena Gerhana Matahari Cincin berhasil meraih rekor Museum Rekor Indonesia (MuRi) kacamata terbesar dunia.

"Kacamata berukuran panjang 14 meter dan lebar 1,5 meter di kampung Bunsur ini telah memecahkan rekor MuRi Dunia," kata Perwakilan MURI, Ridho Al-Amin usai menyaksikan puncak Gerhana Matahari Cincin, Kamis (26/12/2019) yang terjadi sekitar pukul 12.14 WIB di Kampung Bunsur, kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Riau.

Rekor MuRi yang diraih Siak ini juga berkat usaha yang dilakukan Pemkab Siak melalui Dinas Pariwisata dan OPD terkait lainnya untuk mensukseskan peristiwa bersejarah dan sangat langka ini memang sangat maksimal.

Selain kacamata besar tersebut, Pemkab Siak juga menyediakan kacamata ukuran biasa yang dibagikan secara gratis kepada masyarakat. Karena jumlah kacamata gratisnya juga terbatas, warga mengaku kecewa karena harus merogoh kocek untuk membeli kacamata khusus melihat GMC.

Rangkaian festival Gerhana Matahari Cincin yang mulai dengan salat gerhana dan ditutup dengan hiburan artis ibu kota Nisa Sabian dihadiri ribuan masyarakat yang mayoritas dari Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak serta masyarakat Bengkalis dan Pekanbaru. ***